Kronologi Rumput Stadion Kanjuruhan Terbakar

Massa merusak pagar proyek untuk masuk ke dalam stadion

Malang, IDN Times - Peringatan 1 tahun Tragedi Kanjuruhan yang dilaksanakan pada Minggu (1/10/2023) malam berakhir kurang kondusif. Pasalnya peringatan 1 tahun tragedi memilukan yang diisi doa bersama dan menyalakan lilin itu, berakhir dengan terbakarnya rumput Stadion Kanjuruhan.

Untungnya, personel dari BPBD Kabupaten Malang dan Damkar Kabupaten Malang langsung terjun ke tempat kejadian. Sehingga api tidak menjalar ke area bangunan stadion sehingga menyebabkan kerugian lebih banyak.

1. Saksi mata menceritakan bagaimana api membakar rumput kering di lapangan Stadion Kanjuruhan

Kronologi Rumput Stadion Kanjuruhan TerbakarKebakaran di lapangan Stadion Kanjuruhan pada Minggu malam. (IDN Times/istimewa)

Saksi mata kejadian, Dion (30) menceritakan jika awalnya peringatan 1 tahun Tragedi Kanjuruhan berjalan kondusif. Doa bersama dilaksanakan sekitar pukul 18.00 WIB dan 21.00 WIB. Selain itu, doa bersama juga diikuti menyalakan lilin sebagai tanda duka.

"Tapi sekitar pukul 21.45 WIB beberapa orang tiba-tiba masuk ke dalam Stadion Kanjuruhan. Posisi mereka juga masih membawa lilin," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (2/10/2023).

Dion lalu mengungkap jika tiba-tiba ada satu orang yang melempar lilin yang masih menyala ke atas lapangan, sehingga menyebabkan api membesar. Langkah ini kemudian diikuti oleh beberapa orang lainnya, sehingga menyebabkan api kian bertambah. Kondisi lapangan yang terdapat beberapa tumpukan rumput kering membuat api kian mudah tersulut.

"Tiga puluh menit kemudian datang Damkar (Pemadam Kebakaran) ke lokasi. Massa yang awalnya masih berkumpul di dalam stadion kemudian diminta keluar dari stadion," ucapnya.

Baca Juga: Rumput Stadion Kanjuruhan Terbakar 

2. BPBD Kabupaten Malang membeberkan jika massa merusak pagar proyek untuk masuk ke dalam Stadion Kanjuruhan

Kronologi Rumput Stadion Kanjuruhan TerbakarKondisi terkini Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Anggota TRC Badan Penanggulangan Bencananya Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Saryanto menceritakan jika massa yang sebagian besar memakai baju hitam memaksa masuk ke dalam Stadion Kanjuruhan. Mereka masuk dengan cara merusak pagar proyek renovasi Stadion Kanjuruhan yang sudah dipasang melingkar agar tidak ada orang yang boleh masuk.

"Banyak sekali (orang) sambil nyanyi-nyanyi di tribun VIP. Mereka kemudian bakar rumput yang ada di dalam Kanjuruhan," bebernya.

Saryanto mengatakan jika api benar-benar bisa dipadamkan pada pukul 23.00 WIB. Kemudian dilakukan pembasahan untuk memastikan api benar-benar padam.

3. Kondisi terkini Stadion Kanjuruhan, sisa-sisa kebakaran dibersihkan

Kronologi Rumput Stadion Kanjuruhan TerbakarKondisi terkini lapangan Stadion Kanjuruhan usai kebakaran pada Minggu malam. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kondisi terkini Stadion Kanjuruhan dijaga cukup ketat, tidak boleh ada kendaraan yang tidak berkepentingan yang masuk ke dalam area stadion karena masih dalam proses renovasi. Namun, masyarakat yang ingin berolahraga tetap diperbolehkan masuk namun hanya boleh mengakses wilayah di luar pagar proyek.

Beberapa anggota kepolisian juga mendatangi langsung area kebakaran di lapangan Stadion Kanjuruhan. Mereka ungin memastikan secara langsung situasi terkini di Stadion Kanjuruhan.

Kejadian kebakaran semalam, tidak menganggu aktivitas renovasi Stadion Kanjuruhan karena api telah benar-benar padam. Para pekerja tetap beraktivitas seperti biasa, saat ini mereka tengah melakukan aktivitas pembongkaran pada badan bangunan Stadion Kanjuruhan di tribun sebelah selatan.

Baca Juga: Ratapan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan saat Peringatan Setahun

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya