Kebakaran Malang Plaza, 3 Orang Diperiksa Sebagai Saksi 

Labfor gagal identifikasi karena suhu di dalam masih panas

Malang, IDN Times - Pihak kepolisian terus menelusuri penyebab kebakaran di Malang Plaza pada Selasa (02/05/2023) dini hari. Satreskrim Polresta Malang Kota telah memeriksa 3 saksi dalam kejadian tersebut.

Kemudian pada hari ini (03/05/2023) Tim Labfor (Laboratorium Forensik) Polda Jawa Timur juga telah diturunkan ke lokasi kebakaran. Kedatangan mereka diharapkan bisa mengetahui penyebab kebakaran pada mall 3 lantai tersebut.

1. Tiga saksi yang diperiksa Satreskrim Polresta Malang Kota adalah security Malang Plaza

Kebakaran Malang Plaza, 3 Orang Diperiksa Sebagai Saksi Proses identifikasi oleh Labfor Polda Jatim di Malang Plaza. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kasatreskrim Polresta Malang, Kompol Bayu Febrianto Prayoga menjelaskan jika ketiga saksi yang diperiksa sementara ini ada para security Malang Plaza. Pasalnya mereka adalah pihak yang menyaksikan kebakaran sejak awal hingga berhasil dipadamkan.

"Baru security yang diperiksa sejauh ini. Karena mereka adalah yang melihat dan memberikan informasi kebakaran pada Selasa dini hari," terangnya di lokasi kebakaran.

Meskipun sudah memeriksa beberapa aksi, penyebab pasti kebakaran hingga saat ini masih jadi misteri. Pihaknya hingga saat ini masih memperdalam di mana titik api pertama kali dan penyebabnya.

2. Tim Labfor Polda Jawa Timur melakukan identifikasi di Malang Plaza selama 2 jam

Kebakaran Malang Plaza, 3 Orang Diperiksa Sebagai Saksi Kasubdit Fiskom Labfor Polda Jawa Timur, Kombespol Joko Siswanto. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Tim Labfor Polda Jawa Timur sebanyak 4 orang datang ke lokasi kebakaran Malang Plaza sejak pagi tadi pukul 10.20 WIB. Mereka langsung masuk ke dalam lokasi untuk melakukan identifikasi. Mereka lalu keluar 2 jam kemudian atau sekitar pukul 12.30 WIB.

Namun, identifikasi gagal dilaksanakan hari ini. Pasalnya, hawa panas usai api Malang Plaza dipadamkan juga belum turun juga. Hal ini membuat Tim Labfor Polda Jawa Timur tidak bisa naik lebih dari 2 lantai.

"Jadi pada lantai 2 dan lantai 3 masih terasa panas. Sehingga secara teknis belum bisa karena tidak safety," terang Kasubdit Fiskom Labfor Polda Jawa Timur, Kombespol Joko Siswanto.

Baca Juga: Polisi Sebut Ada 63 Ruko Ludes Terbakar di Malang Plaza

3. Identifikasi kebakaran Malang Plaza oleh Tim Labfor Polda Jawa Timur akan kembali dilakukan esok

Kebakaran Malang Plaza, 3 Orang Diperiksa Sebagai Saksi Tim Labfor Polda Jatim saat melakukan identifikasi di Malang Plaza. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Setelah gagal melakukan identifikasi hari ini, akak dilanjutkan esok hari oleh Tim Labfor Polda Jawa Timur. Sehingga hari ini pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang akan fokus melakukan pendinginan.

"Sementara belum ada barang yang kita amankan dari dalam. Jadi insyaallah besok kita alam lanjutkan," bebernya. Selain itu, mobil damkar hingga saat ini masih disiagakan di depan Malang Plaza. Mobil ini juga disiagakan untuk melakukan pembasahan dan pendinginan.

Baca Juga: Cerita Korban Kebakaran Malang Plaza, HP yang Dijual Ludes Tak Bersisa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya