3 Orang Dinyatakan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat TNI AU di Pasuruan

1 orang masih belum ditemukan

Malang, IDN Times - TNI Angkatan Udara (AU) mengumumkan jika terdapat 3 korban meninggal dunia dalam tragedi kecelakaan pesawat di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama Agung Sasongkojati.

"Bahwa pada siang ini TNI AU kehilangan 2 pesawat tempur Super Tucano dangan 4 krunya. Keempatnya tergabung dalam Skuadron 21 yang mengalami lost contact pada pukul 11.18 WIB," terangnya saat melakukan konferensi pers di Gedung Cakrawala Lanud Abdulrahman Saleh Malang pada Kamis (16/11/2023).

Dari keempat korban, 3 orang telah ditemukan dalam keadaan tewas. Mereka adalah Mayor Penerbang Yuda Seta, Kolonel Administrasi Widiono, dan Kolonel Penerbang Subhan. Sementara 1 korban yang belum ditemukan adalah Letkol Penerbang Sandhra Gunawan.

"Pada pesawat TT-3111 Letkol Sandhra Verada di depan dan Kolonel Widiono di belakang. Sementara pada pesawat TT-3103 Mayor Yuda ada di depan dan Kolonel Subhan ada di belakang," jelasnya.

Agung menjelaskan jika awalnya pesawat ini terbang berempat dari Lanud Abdulrahman Saleh Malang pada pukul 10.50 WIB. 4 pesawat yang membawa 8 orang ini akan melakukan latihan formasi melalui Area Alpha, Bravo, Charlie, dan Delta. Namun, 2 pesawat TT-3111 dan TT-3103 kehilangan contact.

"Cuaca kurang baik, keempat pesawat melepas diri, tapi kehilangan cintact pada pesawat nomor 1 dan nomor 2. Sementara pesawat lain berusaha naik ke atas awan, di-contact juga tidak bisa dihubungi, tapi beberapa saat kemudian mendarat di lanud," jelasnya.

Kemudian Lanud Abdulrahman Saleh mendapat informasi ada 2 pesawat mereka yang jatuh di wilayah Desa Keduwung. Mereka memastikan jika keduanya adalah Pesawat Super Tucano milik mereka.

"Ada 3 jenazah ditemukan yaitu Mayor Yuda Seta, Kolonel Subhan, dan Kolonel Widioni. Dan para jenazah sudah dibawa dengan ambulans. Sementara Letkol Sandhra belum ditemukan, Angkatan Udara akan melakukan segalanya untuk mencari korban," pungkasnya.

Baca Juga: Pesawat TNI Jatuh di Pasuruan, Polisi Pastikan di Desa Keduwung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya