2 Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan, Warga Tak Berani Mendekat

Kronologi jatuhnya pesawat TNI AU

Pasuruan, IDN Times - Pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) yang lepas landas dari Landasan Udara (Lanud) Abdurahman Saleh Malang dilaporkan terjatuh di kawasan Gunung Bromo di wilayah Kabupaten Pasuruan pada Kamis (16/11/2023). Dilaporkan jika ada 2 pesawat EMB-314 Super Tucano yang menabrak tebing. Kedua pesawat tersebut juga diketahui memiliki nomor TT-3111 dan TT-3103.

"Saat ini ada 2 pesawat yang jatuh di sini. Tapi warga tidak ada yang berani mendekat, menunggu evakuasi," terang salah satu saksi mata di lokasi, Budiarto.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di Lanud Abdulrahman Saleh Malang, dilaporkan jika ada 4 pesawat masing-masing membawa 2 orang di dalamnya. Keempat pesawat mendapatkan kode Chevron 1, Chevron 2, Chevron 3, dan Chevron4. Keempat pesawat ini melakukan station pada pukul 10.15 WIB dan melaksanakan Start Engine 4 A/C pukul 10.39 WIB. Pesawat kemudian take off pada pukul 10.50 WIB dilanjutkan dengan join dan membentuk Box Formation, continue Routing melalui Area Alpha, Bravo, Charlie, Delta.

Tapi pada pukul 11.18 WIB Chevron 1 dan Chevron 2 hilang kontak. Sementara Chevron 2, dan Chevron 3 mendata di Lanud Abdulrahman Saleh dengan selamat pada pukul 11.31 WIB.

Baca Juga: Pesawat TNI Jatuh di Pasuruan, Polisi Pastikan di Desa Keduwung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya