Tawa Relawan Karhutla Lawu Menyambut Turunnya Hujan

Hujan turun Karhutla Gunung Lawu tuntas

Magetan, IDN Times - Akhirnya apa yang diminta ribuan orang di Kecamatan Plaosan tiba juga. Hujan cukup lebat menguyur wilayah Gunung Lawu di Magetan Jawa Timur. Kebakaran hutan dan lahan dilaporkan mereda, sejumlah relawan yang sebelumnya turut berjibaku bersama petugas memadamkan api sujud syukur, sebagian meluapkan kebahagiaan dengan berhujan hujanan. Meraka berlarian kegirangan bahkan ada yang sengaja menceburkan diri ke dalam bak penampungan air.

1. Hujan turun, relawan kegirangan, petugas sujud syukur

Tawa Relawan Karhutla Lawu Menyambut Turunnya HujanMoment hujan deras turun di Cemorosewu Gunung Lawu Magetan Jawa Timur/ IDN Times/ Istimewa

Tampak dalam foto di atas, hujan turun cukup deras mulai pukul 15.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB di pos pendakian Cemorosewu Desa Nganjar Kacamatan Plasoan. Sejumlah relawan berada di area teritori pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu pun langsung kegirangan.

Bahkan saking bahagianya mereka menceburkan diri di bak penampungan air yang rencananya akan digunakan untuk memadamkan api. "Alhamdulillah Ya Allah," ucap mereka. 

Kesaksian Windu Prasitama Asper BKPH Lawu Selatan, begitu turun hujan anggotanya dari Perhutani tanpa dikomando langsung sujud syukur di dalam hutan.

"Alhamdulillah, akhrinya apa yang kami nanti nanti turun juga. Hujan cukup deras dan lama ini mudah mudahan bisa kematian api yang membakar hutan. Kami semua sudah kelelahan menghadapi karhutla yang berlangsung hampir satu bulan ini," kata Windu kepada IDN Times, Minggu (22/10/2023).

Baca Juga: 1000 Warga Magetan Salat Istisqa Berharap Hujan Padamkan Karhutla Lawu

2. BPBD Magetan sebut Karhutla Tuntas

Tawa Relawan Karhutla Lawu Menyambut Turunnya HujanHujan juga turun di kawasan wisata Telaga Sarangan/ IND Times/ Istimewa

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magatan Ari Budi Santosa saat dihubungi via telepon menyatakan dengan turun hujan lebat hari ini Karhutla di gunung Lawu tuntas.

"Karhutla tuntas ya, hujan cukup deras dan berlangsung cukup lama. Kurang lebih satu jam ini mudahan bisa mematikan semua api. Dan Insallah padam," terangnya. 

Ari juga menyebut hujan deras tidak hanya turun pada wilayah Cemorosewu tetapi juga di telaga Sarangan. 

"Hujan hanya pada seputar gunung Lawu ya, tidak semua kecamatan hujan. Hanya pada sebagian wilayah di Kecamatan Plaosan. Insyaallah karhutla tuntas, namun kami masih menunggu laporan yang lain, Perhutani, TNI AD relawan dan unsur lain yang ada di dalam hutan," pungkasnya.

3. Sebelumnya 1000 lebih warga Plaosan menggelar salat istisqa

Tawa Relawan Karhutla Lawu Menyambut Turunnya Hujan1000 lebih warga di kaki gunung Lawu mengelar Sholat Istisqo meminta hujan/ IDN Times/ Riyanto

Munajat ribuan warga dari beberapa desa di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Jawa Timur yang meminta turun hujan dengan mengelar Salat Istisqa di halaman parkir Kebun Bunga Refugia, Jumat (20/10/2023) dikabulkan. Hanya selang sehari, hujan akhrinya turun, kebakaran hutan dan lahan pada gunung Lawu pun padam sesuai yang diharapkan.

Seribuan lebih warga dari berbagai latar belakang, seperti santri, anak sekolah, instansi pemerintah TNI, Polri ikuti Sholat Istisqo di halaman parkir kebun bunga refugia yang berada pada Kelurahan/ Kecamatan Plaosan. 

Salat Istisqa dipimpin langsung oleh KH. Lukmanul Hidayat pengasuh pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin, Desa Plumpung tersebut berlangsung khusuk dan khidmat. Pelaksanaan yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu selesai pukul 08.00 WIB.

"Alhamdulillah, akhirnya munajat semua warga Magetan dikabulkan. Hari ini hujan cukup deras pada wilayah Kecamatan Plaosan, mudahan kebakaran di gunung Lawu tuntas dan padam," ujar Dian Robby Widiatmoka, Camat Plaosan memungkasi.

Baca Juga: Karhutla Gunung Lawu Merembet ke Jalan Jatim-Jateng

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya