Karhutla Gunung Lawu Hanya Bisa Padam dengan Water Bombing

Titik api sulit dijangkau pemadaman manual

Magetan, IDN Times - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada Gunung Lawu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Rabu (18/10/2023) masih sulit dikendalikan. Pasalnya ada 12 titik api berukuran besar berada pada topografi gunung yang sulit dijangkau pemadaman manual. Pemadaman hanya bisa dilakukan melalui udara dengan helikopter water bombing. 

1. Titik api sulit dijangkau oleh manusia

Karhutla Gunung Lawu Hanya Bisa Padam dengan Water BombingTitik api pada petak 73 B RPH Sarangan masuk desa Getasanyar Kecamatan Sidorejo Magetan/ IDN Times/ Riyanto

"Karena titik api berada pada lokasi yang sulit dijangkau oleh manusia, untuk dilakukan pemadaman manual. Upaya yang dapat kami lakukan hanya melanjutkan pembuatan ilaran agar tidak masuk ke hutan pinus," kata Dansatgas Karhutla Komandan Kodim (Dandim) 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya

Mulai dari Desa Ngiliran, sampai dengan Singolangu dan Cemorosewu. Saat ini kurang lebih sudah sepanjang 13 kilo meter tersambung. 

"Selain itu pada Cemorosewu ada pipa air warga yang bisa kami manfaatkan untuk membasahi daerah sekitar, agar api tidak terus menjalar ke pemukiman di bawah," jelasnya.

Baca Juga: Lawu Kembali Terbakar, 400 Warga Turun Tangan

2. Sebelumya 400 tim gabungan telah diterjunkan

Karhutla Gunung Lawu Hanya Bisa Padam dengan Water BombingRatusan warga diberangkatkan dari Cemorosewu ke lokasi kebakaran/ IDN Times/ Riyanto

Sebelumnya, sudah kami terjunkan 400 tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD relawan hingga masyarakat untuk membuat ilaran agar api tidak terus merembet turun. 

"Yang jelas untuk  mematikan api manual tidak mungkin. Titik api berada pada lokasi yang tidak bisa dijangkau. Medan terjal sulit dijangkau," jelasnya.

Menurutnya, api hanya bisa dipadamkan melalui udara. Water bombing seperti penganan karhutla sebelumnya. Pihaknya mengaku sudah koordinasi dengan seluruh instansi terkait untuk minta bantuan water bombing kembali.

"Sambil menunggu water bombing, kami akan tetap berupaya semaksimal mungkin memadamkan api, meski saat ini sulit dijangkau," terangnya lagi.

3. Api petang ini masih berkobar mengarah ke bawah dan utara

Karhutla Gunung Lawu Hanya Bisa Padam dengan Water BombingApi meluncur ke arah bawah pemukiman warga dan utara, hutan pinus/ IDN Times/ Riyanto

"Sesuai laporan tadi, sedikitnya ada 12 titik api berukuran besar pada petak 73 yang terpantau via aplikasi sedikitnya ada 12 titik. Dan kesemua titik api ada pada petak 73. Kami berharap api tidak melebar keluar dari petak 73," pungkasnya.

Sejauh ini terkait Karhutla di gunung Lawu Satgas belum menerima laporan.udah kami antidipasi terkait medis kalau ada keluhan yang berhubungan dengan kebakaran.

Perkembangan kebakaran akan dilaporkan secara berkala.

Baca Juga: Asap Karhutla Gunung Lawu Selimuti Telaga Sarangan Magetan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya