Karhutla Gunung Lawu Belum Padam, Begini Kabar Mbok Yem

Mbok Yem minta didoakan sehat dan kuat

Magetan, IDN Times - Meski sempat dikepung api, Wakiyem (65) atau akrab disapa Mbok Yem pemilik warung pada puncak Gunung Lawu di Magetan Jawa Timur tetap tidak mau turun dari puncak. Melalui video yang dikirimkan ke awak media, Mbok Yem minta doa seluruh masyarakat untuk diberikan kekuatan dan keselamatan saat ini, Rabu (11/10/2023).

1. Mbok Yem minta didoakan sehat dan diberi kekuatan

Karhutla Gunung Lawu Belum Padam, Begini Kabar Mbok YemMbok Yem sehat dan minta didoakan kuat/ IDN Times/ Istimewa

Dalam video yang direkam oleh petugas memperlihatkan kondisi Mbok Yem, masih tinggal di warung miliknya yang terletak di pos 5 Hargo Dalem. Tidak ada sedikitpun kepanikan di wajah perempuan asli Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, dari 7 warung yang ada di puncak, miliknta dan Mbok To saja yang tidak terbar. Selebihnya ludes dimakan api. Meski begitu Mbok Yem tetap bersikukuh tidak turun dari puncak Lawu. Ia meminta doa agar selalu diberi kekuatan dan keselamatan di puncak gunung yang saat ini terbakar.

Baca Juga: Warung Mbok Yem di Puncak Lawu Tak Tersentuh Api

2. Perhutani pastikan Mbok Yem aman

Karhutla Gunung Lawu Belum Padam, Begini Kabar Mbok YemMbok Yem sehat dan minta didoakan kuat/ IDN Times/ Istimewa

Dalam video yang direkam kemarin, Mbok Yem tampak memperlihatkan kondisi warung dan Temon si monyet peliharaanya selamat dari kebakaran pada Minggu (1/10/2023). Kebakaran itu menghanguskan empat warung di sekitarnya.

Menurut Windu Prasitama, Asisten Perhutani BKPH Lawu Selatan, hingga hari ini kondisi Mbok Yem sehat dan tetap tidak mau turun. Selain itu, Mbok Yem di puncak tidak sendirian tetap ditemani dua orang petugas Perhutani. 

"Sejauh ini mbok e aman, sehat dan tidak mau turun gunung. Selain itu ada dua Satgas dari Perhutani yang menjaganya. Persediaan makanan cukup untuk sebulan kedepan," kata Windu.

3. Tempat tinggal Mbok Yem aman

Karhutla Gunung Lawu Belum Padam, Begini Kabar Mbok YemMbok Yem sehat dan minta didoakan kuat/ IDN Times/ Istimewa

"Berdasarkan pantauan pagi tadi, Mbok Yem sehat dan persediaan makanan cukup. Dibujuk turun tetap bersikukuh tidak mau turun. Untuk diketahui, pada lokasi Mbok Yem tinggal sudah aman karena sudah di buat sekat bakar antisipasi api dari karanganyar," imbuh Windu.

Yang jelas Mbok Yem aman, petugas juga telah membuat sekat bakar untuk antisipasi apabila api susulan dari Karanganyar Jawa Tengah. 

Sebelumnya kebakaran hebat melanda kawasan puncak gunung pada Minggu (1/10/2023) yang nyaris saja membakar warunganya. Api datang dari wilayah Ngawi dan merembet ke KPH Bedagung dan KPH Sarangan.

Hari ini pantauan di lapangan muncul titik api di pos 4 bawah Mbok Yem, seratusan petugas gabungan dikerahkan untuk memedamkan api.

Baca Juga: Penanganan Karhutla Gunung Lawu Dinilai Lamban, Begini Kata Khofifah

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya