Kampus Universitas Muhammadiyah Madiun Didemo Mahasiswanya

Mereka tuntut dilakukan akreditasi ulang 3 prodi

Madiun, IDN Times - Puluhan mahasiswa dari aliansi mahasiswa lintas Prodi Universitas Muhammadiyah Madiun, menggelar demo di depan gedung kampus, Rabu siang (27/12/2023).

Mereka menuntut Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun Prof DR Sofyan Anif, agar melakukan akreditasi ulang terhadap tiga program studi (prodi), yakni Prodi Ilmu Lingkungan, Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Prodi Bio Kewirausahaan.

1. Mereka menuntut 3 prodi diakreditasi ulang

Kampus Universitas Muhammadiyah Madiun Didemo MahasiswanyaPuluhan mahasiswa dari aliansi mahasiswa lintas prodi Universitas Muhammadiyah Madiun, demo kampus. IDN Times/ Istimewa

Menurut koordinator aksi demo, Nur Wasis, Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun Prof DR Sofyan Anif, agar melakukan akreditasi ulang terhadap tiga program studi (prodi), yakni Prodi Ilmu Lingkungan, Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Prodi Bio Kewirausahaan.

Pasalnya status SK Akreditasi Prodi yang baru diterima dari BAN PT, untuk ketiga prodi di atas, berisi puluhan peneliti dosen tetap yang melibatkan mahasiswa, dan puluhan tenaga pengabdian kepada masyarakat dinilainya abal-abal.

"Hasilnya rekayasa dan plagiasi. Bilamana SK tersebut dipaksakan, maka mahasiswa yang akan menanggung risikonya," kata Nur Wasis.

Apabila nantinya diberlakukan, lanjutnya akan berdampak terhadap legalitas ujian mahasiswa hingga validitas ijazahnya akan ikut diragukan.

"Kami minta diberikan sanksi seberat-beratnya kepada oknum dosen dan tim dari pihak pihak terkait. Nama mahasiswa yang dicatut, harus dibersihkan statusnya," bebernya.

Baca Juga: Kelangkaan Solar Juga Dikeluhkan Sopir dan Petani di Kabupaten Madiun

2. Tanggapan pihak kampus soal demo tersebut

Kampus Universitas Muhammadiyah Madiun Didemo MahasiswanyaPuluhan mahasiswa dari aliansi mahasiswa lintas prodi Universitas Muhammadiyah Madiun, demo kampus. IDN Times/ Istimewa

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Madiun, Ihwan Susila, menerangkan, beberapa prodi sudah diusahakan untuk bisa mendapatkan asesmen.

"Data-data telah kami kirim dan masih berproses. Kemudian dari itu nanti akan dilihat secara langsung, kondisi infrastruktur, SDM dan lain sebagainya," jelasnya.

Selain mendorong memperbanyak kegiatan mahasiswa dan BEM, pihaknya juga terus melakukan pembangunan SDM dengan melibatkan mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidik ditengah masa transisi.

"Sekaligus mitra-mitra yang nanti akan bekerja sama dengan Universitas, demi arah yang lebih baik. Kami mengapresiasi apa yang diutarakan para mahasiswa, sebagai upaya kontrol," terangnya.

Dirinya juga mengungkapkan, status akreditasi demi mendukung kepentingan mahasiswa. Kalau universitas tanpa akreditasi berarti tidak ada keabsahan.

“Kami berusaha agar akreditasi semua program studi menjadi lebih baik. Tentu saja kami apresiasi kerja para dosen, termasuk juga kerja para mahasiswa," pungkasnya.

3. Berikut tuntutan mahasiswa dan tangapan kampus

Kampus Universitas Muhammadiyah Madiun Didemo MahasiswanyaPuluhan mahasiswa dari aliansi mahasiswa lintas prodi Universitas Muhammadiyah Madiun, demo kampus. IDN Times/ Istimewa

Tidak ada mediasi antara perwakilan mahasiswa dengan perwakilan kampus. Unjuk rasa berakhir damai, massa membubarkan barisan dengan tertib dan lancar.

Tuntutan mahasiswa dalam aksi unjuk rasa tersebut:

1. Melakukan akreditasi ulang terhadap tiga prodi, yakni Prodi Ilmu Lingkungan, Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Prodi Bio Kewirausahaan.

2. Memberikan sanksi seberat beratnya kepada oknum dosen dan tim dari pihak pihak terkait.

3. Membersihkan status nama mahasiswa yang dicatut dalam SK Akreditasi Prodi.

Tanggapan pihak kampus:

Direktur Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Madiun, Ihwan Susila, mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya kontrol yang dilakukan mahasiswa.

Ia juga menegaskan bahwa kampus akan terus berupaya agar akreditasi semua program studi menjadi lebih baik.

Baca Juga: Entung Jati, Sumber Protein dan Ekonomi Warga Sekitar Hutan di Madiun

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya