Cari Pasir di Sungai, Guru dan Dua Siswi di Magetan Tewas Tenggelam

Sang guru mulanya coba menolong, lalu tenggelam juga

Magetan, IDN Times - Sebanyak tiga orang tewas tenggelam di sungai Dam Tunggu, Desa Balerejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, pada Sabtu (18/11/2023) pukul 09.00 WIB. Tiga orang yang bernasib nahas tersebut adalah satu orang guru dan dua siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 desa setempat.

1. Tragedi bermula dari kerja bakti cari pasir di sungai

Cari Pasir di Sungai, Guru dan Dua Siswi di Magetan Tewas TenggelamGuru dan dua siswi tewas tengelam di sungai dam Tugu Desa Balerejo, Kecamatan Kawedan, Kabupaten Magetan. IDN Times/ Riyanto

Kasi Humas Polres Magetan, AKP Budi Kuncahyo membenarkan peristiwa kecelakaan air yang mengakibatkan tiga nyawa melayang tersebut bermula dari kegiatan siswa dan guru mencari pasir di sungai. "Betul, sebelumnya para korban ini pergi ke sungai untuk mencari pasir. Saat tiba di sungai, guru memasukkan pasir ke polybag, dua siswi, tanpa sepengetahuan guru, mereka berenang di dekat tempat mencari pasir," kata Budi. Namun, keduanya tenggelam karena tak bisa berenang.

Mengetahui itu, lanjutnya, salah satu siswa memberi tahu bahwa sang guru yang kemudian berusaha menolong mereka. Namun, karena tidak bisa berenang, guru itu pun ikut tenggelam bersama kedua siswanya.

Baca Juga: Kedelai Mahal, Perajin Tahu di Magetan Menolak Gulung Tikar

2. Siswa yang selamat memberitahukan kepada guru lain

Cari Pasir di Sungai, Guru dan Dua Siswi di Magetan Tewas TenggelamGuru dan dua siswi tewas tengelam di sungai dam Tugu Desa Balerejo, Kecamatan Kawedan, Kabupaten Magetan. IDN Times/ Riyanto

Melihat guru dan temannya tenggelam, siswa yang selamat selanjutnya memberitahukan kepada guru lain. Dengan dibantu warga, mereka kemudian mereka melakukan pencarian di sungai tersebut.

"Warga dan anggota TNI kemudian melakukan penyelaman untuk mencari meraka yang tenggelam. Dua orang berhasil ditemukan terlebih dahulu, yaitu guru dan satu siswi," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Budi, kurang lebih satu jam kemudian, korban terakhir berhasil ditemukan dan langsung dilarikan ke Puskesmas Tladan untuk mendapatkan perawatan. Namun, ketiga nyawa mereka tidak selamat.

"Tiga korban tersebut adalah Guno (58) guru kelas 5 warga Desa Garon, Kecamatan Kawedanan. Kemudian Yanuari Purti Dewi Pratama (10) dan Latiffa Erlina (10) semuanya kelas 5 warga setempat," terang Budi.

3. Tiga korban tersebut adalah guru kelas V dan dua siswi

Cari Pasir di Sungai, Guru dan Dua Siswi di Magetan Tewas TenggelamKetiga korban dilarikan ke Puskesmas Tladan namun nyawanya tidak tertolong/ IDN Times/ Riyanto

Hasil pemeriksaan tim kesehatan Puskesmas Kawedan dan Inafis, serta SPKT Polres Magetan, pada tubuh para korban tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan. "Dokter mengatakan penyebab kematian ketiga korban murni karena tenggelam. Banyak air did alam paru parunya," imbuhnya.

Polisi saat ini masih melakukan olah TKP di lokasi kejadian dan menyita barang bukti berupa dua buah polybag berisi pasir dan beberapa karung plastik yang belum sempat diisi. "Keluarga korban mengaku menerima kejadian tersebut sebagai musibah dan menolak untuk dilakukan autopsi dalam," pungkasnya.

Baca Juga: Motor dan Tas Tergeletak Semalam, Pemilik Diduga Tenggelam 

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya