Cabai Rawit Mahal, Petani Magetan Raup Rp2 Juta Sehari

Setiap hari petani bisa panen 30 hingga 50 kilo

Magetan, IDN Times - Tingginya harga cabai rawit menjadi berkah tersendiri bagi sebagian petani di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dalam sehari petani mengaku bisa mengantongi duit hasil menjual cabai kurang lebih Rp2 juta.

1. Cabai rawit petani dihargai Rp55 ribu per kilogram

Cabai Rawit Mahal, Petani Magetan Raup Rp2 Juta SehariNinuk Sukartini bersama suaminya Sarmo saat panen cabai rawit di sawahnya desa Sidomulyo Sidorejo Magetan/ IDN Times/ Riyanto

Ninuk Sukartini misalnya. Salah satu petani cabai di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidorejo ini tampak sumringah. Pasalnya cabai rawit yang dia tanam bersama suaminya tumbuh bagus dan berbuah lebat. Ditambah harga cabai sedang bagus saat ini. Ia mengaku bisa mendapatkan uang Rp1,6 juta hingga Rp2 juta per harinya.

"Alhamdulillah, cabai yang kami tanam bagus musim ini. Setiap hari dari satu hektar luas lahan yang kami tanami bisa petik 30 kilogram hingga 50 kilogram ya. Kemudian dibeli oleh tengkulak Rp55 ribu per kilogramnya," kata Ninuk saat ditemui IDN Times di sawahnya. Kamis (26/10/2023).

Baca Juga: Berkah Kemarau, Harga Mangga Gadung Magetan Naik Tiga Kali Lipat

2. Tidak semua petani bisa menikmati kondisi ini

Cabai Rawit Mahal, Petani Magetan Raup Rp2 Juta SehariNinuk Sukartini petani di desa Sidomulyo Sidorejo Magatan saat panen cabai/ IDN Times/ Riyanto

Kenaikan harga cabai rawit di tingkat petani, kata dia, terjadi baru sepekan ini. Sebelumya, harga cabai rawit terbilang murah, kurang dari Rp15 ribu per kilogram. "Pelan pelan naik akibat banyak yang gagal panen akibat kekurangan air. Terus jumlah tanaman berkurang, permintaan pasar meningkat," paparnya. 

Menurut dia, tidak semua petani cabai rawit di desanya berhasil. Ada juga yang gagal akibat terserang hama hingga mati mengering kekurangan air. "Tanam cabai rawit itu bejo-bejoan (untung-untungan), tergantung rejeki juga ya. Kadang bagus kadang terserang hama. Pas bagus eh harganya anjlok, pas kurang bagus harganya bagus," tambahnya. 

3. Harga cabai rawit diprediksi masih akan terus naik

Cabai Rawit Mahal, Petani Magetan Raup Rp2 Juta SehariHarga cabai rawit diprediksi masih akan terus meroket/ IDN Times/ Riyanto

Ia pun memprediksi harga cabai di tingkat petani akan terus naik dalam waktu dekat ini. Pasalnya kemarau panjang masih akan berlangsung hingga akhir Desember mendatang. Selain itu banyak petani alami gagal panen. Perkiraan yang sama juga disampaikan oleh Suti, seorang pedangan. "Cabai rawit kemaren kan masih kita jual Rp65 ribu, hari ini kembali naik sebesar Rp5 ribu atau Rp70 ribu per kilogramnya," kata Suti pedagang cabai di pasar sayur Magatan. Tidak hanya cabai rawit merah, cabai rawit hijau atau lalap yang sebelumya Rp20 ribu kini naik menjadi Rp40 ribu per kilogram. "Harga cabai kami perkirakan masih akan terus naik hingga awal tahun baru 2024 mendatang," pungkasnya.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit di Kabupaten Magetan Tembus Rp65 Ribu

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya