Anis Baswedan Hadiri Deklarasi Damai SH Terate di Madiun

SH Terate nyatakan netral pada Pemilu 2024

Madiun, IDN Times - Calon Presiden Nomor urut 1, Anies Baswedan, hadiri dalam deklarasi damai yang digelar oleh perguruan pencak silat terbesar, Setia Hati Terate, di Stadion Willis, Kota Madiun, Jawa Timur. Minggu (26/11/2023).

1. Anies Baswedan ajak warga PSHT awasi pemilu 2024

Anis Baswedan Hadiri Deklarasi Damai SH Terate di MadiunAnis Baswedan capres urut 1 saat hadiri deklarasi damai pemilu 2014

Di hadapan ribuan massa, Anies berharap agar warga Setia Hati Terate di seluruh Indonesia dapat ikut mengawasi agar Pemilu 2024 berlangsung jujur, aman, dan damai.

Dalam deklarasi yang dihadiri juga oleh Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan Moerdjoko, Ketua Umum Persaudaraan Setia Hati Terate, Anies menekankan pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, serta menciptakan kondusifitas Pemilu yang damai, lancar, dan sukses.

"Dengan menjunjung tinggi rasa persaudaraan, menjaga nilai-nilai moral, dan keluhuran budaya bangsa, kita dapat mewujudkan demokrasi yang bermartabat," ungkap Anies dalam sambutanya.

Baca Juga: Demokrat Panasi Mesin Pemenangan Pemilu 2024 dari Kota Madiun

2. Anis ajak warga PSHT tolak segala bentuk provokasi

Anis Baswedan Hadiri Deklarasi Damai SH Terate di MadiunAnis Baswedan ajak warga PSHT untuk tolak segala bentuk provokasi/ IDN Times/ Riyanto

Anies menolak segala bentuk provokasi, ujaran kebencian, berita hoaks, radikalisme, anarkisme, dan tindakan-tindakan yang dapat memecah belah keutuhan kesatuan bangsa. 

Ia juga mengapresiasi undangan dalam deklarasi damai ini dan meminta agar ribuan anggota Setia Hati Terate yang tersebar di seluruh Indonesia ikut aktif mengawasi Pemilu dengan baik.

Setelah memberikan sambutan, Anies Baswedan langsung meninggalkan lokasi untuk kembali ke Jakarta, menghadiri Rapat Pimpinan Nasional PKS.

3. PSHT netral tidak terlibat dalam dukung capres atau cawapres tertentu

Anis Baswedan Hadiri Deklarasi Damai SH Terate di MadiunKetua Dewan Pembina PSHT, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti/ IDN Times/ Riyanto 

Dalam kesempatan sama, Ketua DPD RI yang sekaligus Ketua Dewan Pembina PSHT, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti  mengatakan, "PSHT, sebagai organisasi yang memiliki komitmen kuat terhadap persaudaraan dan keamanan, berkomitmen untuk menjaga keamanan pemilu dengan penuh tanggung jawab," katanya.

Ditegaskannya, jika PSHT tidak terlibat dalam dukungan terhadap capres atau cawapres manapun, karena itu merupakan keputusan pribadi masing-masing anggota. 

"Dengan keanggotaan kami yang lebih dari 10 juta di Jawa Timur dan 20 juta di seluruh Indonesia, PSHT yakin dan siap memenuhi kewajibannya untuk menjaga kelancaran pemilu demi kestabilan negara." Pungkasnya.

Terakhir,Ketua Umum Persaudaraan Setia Hati Terate Moerdjoko ditanya kenapa hanya dihadiri oleh satu capres saja pada deklarasi tersebut? 

"Dua capres tak hadir dalam deklarasi ini, hanya satu capres saja. Dua capres lain berhalangan hadir karana padatnya kegiatan. Maklum pemilu 2024 tinggal 2 bulan lagi," paparnya.

Pihaknya akan mengkonfirmasi dua capres yang tidak bisa hadir, agar tidak timbul kesan dukung mendukung salah satu capres tertentu. 

"Kami tegaskan di sini bahwa SH Terate pada pemilu 2024 netral tidak mendukung capres atau cawapres tertentu," pungkasnya

Baca Juga: Ibu Muda di Kota Madiun Tega Buang Bayinya Sendiri ke Toilet

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya