Viral 2 Versi Dokumen Pengumuman Calon Anggota Bawaslu Magetan 

Ketua Timsel Bawaslu bilang server down

Magetan, IDN Times - Viral beredar dua pengumuman Hasil Tes Kesehatan dan Tes Wawancara, 10 Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Magetan periode 2023 - 2028 di WhatsApp Group (WAG), Rabu (2/8/2023).

Para peserta calon anggota Bawaslu Magetan pun mempertanyakan mana dari dua dokumen itu yang benar. Pasalnya ada salah satu nama dari mereka hilang namun di pengumuman satunya ada, sebaliknya nama yang sebelumnya ada tidak tercantum.

Pada dua pengumuman itu nampak sama namun berbeda pada bagian tanda tangan Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Magetan, tanggal pengumuman tertera tanggal 31 Juli 2023 yang ditulis pakai bolpoint dan ketik.

Aroma manipulasi santer disangkakan publik di Magetan. Mulai dari siapa yang membawa orang tertentu atau dari oraganisasi apa, dan adanya kepentingan titipan partai di dalamnya.

Ketua Tim Seleksi Zona 7 Jawa Timur (Tulungagung, Trenggalek, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan) Erry Purwaka Widiananta saat dikonfirmasi soal itu membantah adanya manipulasi dalam sebuah tahapan tes. Ia berdalih saat itu server error.

"Ketika mengerjakan Kabupaten Magetan, mengalami kendala server. Sampai pagi belum lancar. Kemudian baru pada hari Selasa tanggal 1 Agustus server kembali lancar dan semua dokumen bisa di scan," kata Erry, Rabu (02/08/2023).

Dia berdalih, jika untuk Kabupaten Magetan tanda tangan dan tanggal yang tercantum bukan langsung ditulis oleh tim seleksi. Melainkan hasil dari scan dokumen.

"Karena server down ya, akibatnya pengumuman jadi mundur. Yang jelas proses seleksi Calon Bawaslu Magetan khususnya sudah sesuai prosedur," tegasnya.

Menurutnya, setelah diumumkan, 10 nama di atas akan mengikuti tahapan uji kepatuhan atau fit and proper test, tanggal 2 sampai 8 Agustus 2023 di Kota Surabaya.

"Dari 10 itu nanti akan diseleksi dan diambil 5 orang. Untuk pengujinya nanti langsung dari Bawaslu Pusat," pungkasnya.

Baca Juga: Viral Santriwati di Magetan Menenteng Senjata, Ini Penjelasannya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya