Petugas PLN di Ngawi Tewas Tersengat Aliran Listrik

Korban tergantung pada sabuk pengaman di ketinggian 4 meter

Ngawi, IND Times - Nahas dialami Ervan Setiawan (41) seorang petugas PLN asal Kelurahan Pandean Kecamatan Madiun Jawa Timur ini. Ia harus kehilangan nyawa saat memperbaiki jaringan kebel listrik yang putus di pinggir jalan di Kabupaten Ngawi pada Kamis (02/11/2023) malam.

1. Awalnya ada laporan listrik padam dari masyarakat

Petugas PLN di Ngawi Tewas Tersengat Aliran ListrikHelem korban saat digunakan bekerja/ IDN Times/ Riyanto

Evan Setiawan petugas PLN dari PT Anugrah Putra Permana tersebut tewas tersengat aliran listrik saat menyambung kabel yang putus di pinggir jalan di Desa Kedunggudel Kecamatan Widodaren Ngawi.

Korban tewas dengan posisi tergantung di atas tiang listrik setinggi 4 meter. Selanjutnya rekan korban meminta bantuan untuk mengevakuasinya. Usai diturunkan dari tiang listrik korban langsung dilarikan ke Puskesmas Walikukun malam itu juga.

"Awalnya ada laporan ganguan listrik dari masyarakat, kemudian kami berdua berangkat ke lokasi. Korban di atas memperbaiki gangguan listrik, saya di bawah. Tiba tiba korban terlepas dari pegangannya dan tergantung pada sabuk pengaman," kata rekan korban Sutrisno kepada IDN Times, Jumat (03/11/2023).

Baca Juga: Seorang Petani di Ngawi Tewas Tersambar Petir

2. Terdapat luka bakar di tangan sebelah kiri

Petugas PLN di Ngawi Tewas Tersengat Aliran ListrikHasil visum tim kesehatan Puskesmas Walikukun didapati luka bakar pada tanggan kiri/ IDN Times/ Riyanto

Begitu tahu temannya tersengat, Sutrisno mengaku panik dan mencoba meminta pertolongan kepada warga terdekat dan pihak kepolisian dari Polsek Widodaren.

Polisi bersama warga yang mencoba menolong korban yang masih tergantung pada sabuk pengaman tidak berani karena takut tersengat selanjutnya meminta bantuan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) pemkab Ngawi.

Hingga akhirnya korban berhasil dievakuasi petugas Damkar dengan mengunakan tangga panjang. Pada saat diturunkan korban dalam kondisi tidak bernyawa lagi dengan kondisi luka bakar di tangan sebelah kiri yang diduga akibat tersengat aliran listrik.

3. Polisi pastikan korban tewas akibat tersengat aliran listrik tegangan tinggi

Petugas PLN di Ngawi Tewas Tersengat Aliran ListrikPolisi memeriksa peralatan kerja korban/ IDN Times/ Riyanto

Kapolsek Widodaren, AKP Farud Suharta membenarkan peristiwa tersebut. Seorang petugas PLN tewas tersengat aliran listrik pada saat memperbaiki jaringan yang rusak.

"Betul, awalnya ada laporan warga listrik padam. Tidak selang berapa lama petugas dari PLN datang ke- lokasi untuk memperbaiki kabel yang putus. Namun setelah selesai saat korban hendak turun diduga kurang hati-hati hingga tersengat. Akibat sengatan listrik tersebut korban meninggal dunia dalam posisi tergantung," jelasnya.

Evakuasi sulit, lanjutnya, korban berada pada tiang listrik diketinggian 4 meter. Akhirnya meminta bantuan Damkar Ngawi. Jenazahnya berhasil diturunkan dan langsung dibawa ke puskesmas.

"Visum terhadap jenazah selesai 3 jam setelah keluarga korban dari Madiun tiba di Puskesmas Walikukun. Hasil visum tim kesehatan menyebut jika korban tewas akibat tersengat listrik," pungkasnya.

Selanjutnya, jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dibawa pulang ke rumah duka di Madiun.

Baca Juga: Ibu Muda Korban Penyekapan di Ngawi Resmi Lapor Polisi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya