Magetan Dilanda Cuaca Ekstrem, 5 Rumah Warga Tersambar Petir

Pemilik rumah mengaku syok

Magetan, IDN Times - Sejumlah wilayah di Kabupaten Magetan dilanda cuaca ekstrem pada Minggu (03/12/2023) petang. Hujan disertai petir dan angin berdampak pada 5 rumah warga di Kelurahan/Kecamatan Bendo tesambar petir. KWH listrik hingga peralatan elektronik rusak. Puluhan pohon di 4 kecamatan itu tumbang menimpa kabel PLN.

1. Sebanyak 5 rumah warga tersambar petir

Magetan Dilanda Cuaca Ekstrem, 5 Rumah Warga Tersambar PetirKWH listrik warga Bendo Magetan meledak tersambar petir/ IDN Times/ Riyanto

Lima rumah tersambar petir tersebut terparah menimpa rumah Gusmantoro alias Agus pada Dusun Gandu RT/RW 21/09 Kelurahan/ Kecamatan Bendo. KWH listrik miliknya rusak tersambar petir, TV 21 inc rusak, STB, Wifi rusak, lampu 3 buah putus. 

Kemudian rumah terdampak akibat sambaran petir lainya, rumah Hanik satu unit TV rusak. Rumah Dino Johan satu unit kompter dan sound sistem rusak terbakar. Tidak sampai ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Saat itu hujan deras bercampur angin, tiba tiba duar petir menyambar listrik rumah kami. Listrik mati, pada KWH listri keluar asap. Saya anak dan istri syok saat itu, selain itu tetangga juga alami hal yang sama. Seluruh perangkat elektronik rusak," kata Agus kepada IDN Times saat ditemui di rumahnya, Senin (04/12/2023).

Baca Juga: Truk Box Terjun ke Jurang di Sarangan Magetan

2. Puluhan pohon tumbang timpa rumah dan bangunan sekolah

Magetan Dilanda Cuaca Ekstrem, 5 Rumah Warga Tersambar PetirPohon berukuran besar tumbang timpa rumah warga di Takeran/ IDN Times/ Riyanto

Selain itu, dampak cuaca ekstrim di sekitaran Kecamatan Bendo menyebabkan ambruknya papan informasi di lingkungan monumen Soco kaca pelindung pecah. Pohon jenis jaranan berdiameter ± 90 cm tumbang menimpa pagar SDN 2 Soco. 

Masih di kecamatan Bendo pada desa Tegalarum dilaporkan pohon jenis kluweh berdiameter ± 50 cm, menimpa atap dapur rumah Slamet.

Pada kecamatan Karas, pohon Sengon dengan lingkar pohon -/+ 100 cm tumbang hingga menimpa kabel listrik dan mengakibatkan 4 tiang listrik tumbang di Desa Sobontoro. Seluruh aliran listrik warga padam semalaman.

BPBD Kabupaten Magetan bersama TNI, Polri, PLN dan warga desa Sobontoro dan warga sekitar melakukan penanganan pemotongan pohon yang tumbang dan mengevakuasi kabel yang tertimpa hingga tengah malam tadi. Listrik pagi tadi baru menyala setalah pihak PLN melakukan perbaikan.

3. BPBD Magetan mengimbau masyarakat untuk waspada

Magetan Dilanda Cuaca Ekstrem, 5 Rumah Warga Tersambar PetirPohon tumbang di depan Mapolres Magetan tutup akses jalan Magetan - Madiun/ IDN Times/ Riyanto

Cuaca ekstrem di sekitar Kecamatan Takeran dilaporkan menyebabkan pohon tumbang jenis jati berdiameter ± 60 cm, menimpa atap teras rumah milik Suyono Desa Tawangrejo. Pembersihan pohon tumbang seketika dilakukan oleh pemilik rumah dan dibantu warga sekitar.

Pihak BPDB Magetan saat ini terus berkoordinasi untuk memastikan penanganan yang cepat dan efektif terhadap dampak cuaca ekstrim pada wilayah di atas. Masyarakat diimbau tetap waspada dan bersiap menghadapi potensi dampak lanjutan dari kondisi cuaca.

"Kami himbau masyarakat untuk hati hati dan waspada, cuaca ektrim masih akan terjadi hingga sepekan kedepan. Bila hujan disertai angin kencang jangan berteduh di bawah pohon dan bangunan tua. Berhenti berkendara karena ancaman pohon tumbang bisa terjadi sewaktu waktu," kata Ari Budi Santosa Kepala Pelaksana BPBD Magetan. 

Ditegaskan, tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga: Kaesang Blusukan di Pasar Magetan, Beli Sarung Rp200 Ribu

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya