Hujan Bercampur Angin Kencang Menerjang 4 Kecamatan di Magetan

Puluhan pohon tumbang timpa ruko dan rumah warga

Magetan, IDN Times - Hujan bercampur angin kencang terjang Kabupaten Magetan Jawa Timur, Kamis (09/11/2023). Puluhan pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa ruko serta atap rumah warga.

1. Pohon tumbang tutup akses jalan antar kecamatan

Hujan Bercampur Angin Kencang Menerjang 4 Kecamatan di MagetanPohon tumbang tutup akses jalan Magetan - Sarangan/ IDN Times/ Riyanto

Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, hujan yang disertai angin kencang ini menerjang empat kecamatan, yaitu pada Plaosan, Sidorejo, Magetan dan Panekan. 

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di seputaran wilayah Kabupaten Magetan mengakibatkan puluhan pohon tumbang," kata Kepala Pelaksana BPBD, Ari Budi Santosa, kepada IDN Times.

Terjangan hujan angin kencang ini, kata dia, bahkan mengakibatkan sebuah pohon jenis Mindi dengan lingkar 120 sentimeter tumbangp. Pohon ini pun menutup jalan Karya Dharma di Desa Ringinagung, Kecamatam Magetan.

"Kemudian pohon jenis Trembesi dengan di jalan raya Panekan-Magetan tepatnya pada Keluaran Tawanganom, Kecamatan Panekan Dekat Pom Srogo menutup total akses jalan. Ada juga pohon jenis Trembesi dengan lingkar 1 meter di jalan raya Ring Road  tepatnya di Ds. Tanjungsari Panekan menutup 100 persen akses jalan," paparnya.

2. Pohon tumbang juga menimpa ruko dan rumah warga

Hujan Bercampur Angin Kencang Menerjang 4 Kecamatan di MagetanPohon tumbang timpa ruko dan kantor koprasi di kecamatan Sidorejo/ IDN Times/ Istimewa

Masih menurut Ari, tidak hanya itu, pohon jenis sengon dengan lingkar 90 sentimeter juga menimpa sebuah ruko dan merusak atapnya. 

"Atap ruko pertanian dan atap kantor koprasi jebol dan rusak. Pohon Mangga dengan lingkar pohon 100 sentimeter dan pohon Petai lingkar pohon 150 sentimeter tumbang menimpa rumah Suyono dan garasi mobil milik Supitah (60th) mengalami rusak di Desa Candirejo, Kecamatam Magetan," imbuhnya.

Baca Juga: Dinkes Ungkap 870 Siswa di Magetan Lakukan Self Harm

3. Tidak ada korban jiwa, kerugian puluhan juta rupiah

Hujan Bercampur Angin Kencang Menerjang 4 Kecamatan di MagetanPohon tumbang timpa rumah warga di desa Candirejo Magetan/ IDN Times/ Riyanto

Beruntung, peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun kerugian sementara ditaksir lebih dari Rp10 juta.

Ari mengatakan bahwa petigas BPBD bersama TNI, Polri dan masyarakat langsung membersihkan pohon tumbang yang menutup jalan.

"Untuk akses jalan saat ini sudah dapat dilalui kendaraan. Sementara proses pembersihan matrial pohon tumbang yang menimpa ruko dan rumah warga malam ini tengah diupayakan pembersihan," paparnya.

"Mengigat terbatasnya personil dan banyaknya pohon tumbang yang perlu dibersihkan," ia menambahkan.

Baca Juga: UMKM Magetan Tercekik Harga Gula, Eceran Tembus Rp17 Ribu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya