Truk Tabrak Bus di Madiun, Seorang Sopir Meninggal Dunia di Lokasi

Diduga karena sopir truk kurang konsentrasi

Madiun,IDN Times – Kecelakaan maut yang melibatkan sebuah bus antar kota antar provinsi dan truk terjadi di jalur Madiun–Nganjuk wilayah Desa Jerukgulung, Kecamatan Balerejo, Kabupaten madiun, Rabu siang (12/2). Seorang sopir truk pengangkut compressed natural gas bernopol S 8155 NF mengembuskan nafas terakhir di lokasi kejadian.

Korban adalah Arifin (64 tahun), warga Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan kondisi bagian depan truk yang dikendarainya ringsek setelah menabrak bus Sugeng Rahayu bernopol W 7563 UN. Bus itu dikemudikan oleh Suparni (45 tahun) warga Bekasi.

“Penyebab dari kecelakaan ini karena sopir truk kurang konsentrasi dan diduga mengantuk,” kata Kasatlantas Polres Madiun AKP Jimmy Heriyanto Manurung.

1. Truk sempat oleng ke kanan

Truk Tabrak Bus di Madiun, Seorang Sopir Meninggal Dunia di LokasiKecelakaan antara truk dengan bus Sugeng Rahayu merenggut korban jiwa di Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi dan olah tempat kejadian perkara (TKP), truk boks melaju dari arah barat ke timur (Madiun–Nganjuk). Sebelum tiba di lokasi kejadian, kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi itu sempat oleng ke kanan. Hingga akhirnya, keluar dari marka dengan tanda dua garis lurus berwarna kuning.

Nyaris bersamaan, bus Sugeng Rahayu juga melaju kencang dari arah timur ke barat (Nganjuk–Madiun). Melihat truk yang oleng dari arah berlawanan, sopir bus berusaha menghindarinya dengan membanting setir ke kiri.

2. Kerugian material Rp20 juta

Truk Tabrak Bus di Madiun, Seorang Sopir Meninggal Dunia di LokasiBus Sugeng Rahayu yang ringsek setelah terlibat kecelakaan dengan truk di jalur Madiun - Nganjuk. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara truk yang sudah terlanjur oleng, terus melaju ke kanan. Tabrakan pun tak terhindarkan. Bagian depan truk menubruk bus yang akhirnya keluar dari aspal jalan. Dalam peristiwa itu seluruh penumpang dan kru bus selamat. Mereka hanya mengalami luka ringan akibat benturan.

“Untuk kerugian material (dari kerusakan bus dan truk) sekitar Rp20 juta,” tambah Jimmy.

Baca Juga: Tak Terima Disalip, Sopir dan Kondektur Bus Main Hajar Pengemudi Lain

3. Barang bukti diamankan di Polsek Balerejo

Truk Tabrak Bus di Madiun, Seorang Sopir Meninggal Dunia di LokasiKecelakaan antara truk dan bus Sugeng Rahayu di jalan raya Madiun - Nganjuk mengakibatkan satu korban meninggal. Dok.IDN Times/Istimewa

Setelah kecelakaan terjadi, arus lalu lintas di sekitar TKP terhambat hingga 30 menit. Sebab, polisi yang berada di lokasi kejadian menerapkan sistem buka tutup bagi kendaraan yang melintas. Hal itu bertujuan untuk memudahkan proses evakuasi korban maupun bus dan truk yang terlibat kecelakaan.

Setelah berhasil dievakuasi, korban meninggal dibawa ke kamar jenazah RSUD Caruban. Sedangkan dua unit kendaraan yang tabrakan diamankan di Unit Lantas Polsek Balerejo.

Baca Juga: Lubang di Jalan Jombang-Mojokerto, Belasan Pengendara Kecelakaan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya