Setelah Asia, PT INKA Jajaki Pasar Argentina  

Mereka juga mulai menyasar pasar Afrika

Madiun, IDN Times - PT Industri Kereta Api atau INKA (Persero) terus berusaha memperluas pangsa pasar di luar negeri. Salah satu yang dibidik adalah Argentina, negara di Amerika Selatan. Pendekatan dan penawaran pun dilakukan untuk mendukung ekspor kereta api. 

Proses lobi antara pihak PT INKA dengan delegasi Argentina berlangsung di salah satu hotel di Jakarta, Rabu (26/6). Berdasarkan rilis yang diterima dari Humas PT INKA, pertemuan dihadiri Direktur Keuangan dan SDM PT INKA Mardiannus Pramudya dan Sr.Subsecretario de Politica Exterior, D. Luis Pablo Maria Beltramino (delegasi dari Argentina). INKA sendiri sudah sempat mengekspor produknya ke Bangladesh beberapa waktu lalu.

1. Kereta buatan dalam negeri diklaim mampu bersaing dengan Cina

Setelah Asia, PT INKA Jajaki Pasar Argentina  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pramudya mengatakan bahwa pihak PT INKA menyampaikan tentang profil, portofolio produk dan track record dalam memenangkan tender internasional. Dinyatakan, produk kereta api Indonesia telah masuk ke negara - negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan. 

Dalam pertemuan itu disampaikan pula tentang keunggulan produk dari segi kualitas, harga, dan pengiriman ke negara tujuan. "Sudah mampu mengalahkan kompetitor Cina dan India," kata Pramudya. 

2. Tawarkan tiga hal kepada delegasi Argentina

Setelah Asia, PT INKA Jajaki Pasar Argentina  Dok. IDN Times/Istimewa

Oleh karena itu, ia melanjutkan, PT INKA menawarkan tiga hal kepada delegasi Argentina, yakni dapat diundang dalam tender pengadaan sarana perkeretaapian dengan kualitas, harga dan delivery yang kompetitif. 

Selain itu, buyer's credit dengan skema penjualan langsung dengan bunga pinjaman yang kompetitif, dan BOOT (Build Operate Own Transfer) atau BOT (Build Operate Transfer) penunjukan langsung atau skema untuk angkutan barang yang efektif dan efisien. 

3. PT INKA siap dukung perkeretaapian Argentina

Setelah Asia, PT INKA Jajaki Pasar Argentina  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pramudya juga menyatakan siap melakukan dukungan dalam program-program peremajaan kereta milik Argentina. Baik itu untuk angkutan penumpang massal perkotaan maupun intercity, angkutan logistik dan menawarkan paket-paket pendanaan.
Sebagai bentuk one stop solution of railways project, yakni melalui konsorsium IRDC (Indonesia Railway Development Consortium), PT INKA (Persero) sekaligus menawarkan paket komplit sarana, prasarana dan asistensi pengoperasian yang disupport oleh Indonesia Eximbank untuk pembiayaannya.

"Selain Argentina, kami juga melakukan pendekatan ke negara-negara di Afrika, seperti Afrika Selatan, Madagaskar, dan Botswana. Ini masih dalam tahapan riset dan penjajakan," ujar Pramudya.

Baca Juga: Bangun Pabrik Baru, PT INKA Incar Pasar Baru di Luar Negeri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya