Operasi Zebra, Polres Madiun Kedepankan Edukasi Daripada Tilang

Mereka hanya akan diingatkan

Madiun, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Madiun kembali melaksanakan Operasi Zebra Semeru. Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua pekan, yakni mulai Senin (15/12/2021) hingga Minggu (28/11/2021) ini, polisi tidak akan menindak pelanggar lalu lintas. 

Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan mengatakan bahwa pihaknya hanya akan memberikan edukasi dan pencegahan terhadap pelanggaran lalu lintas. Pengemudi kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi surat-surat maupun perlengkapan yang sesuai aturan akan diberhentikan dan diingatkan semata.

"Karena saat ini memang masih di tengah pandemik COVID-19," ujar dia usai apel Operasi Zebra di Halaman Polres Madiun, Senin (15/11/2021).

1. Ingatkan potensi ledakan gelombang ketiga kasus COVID-19

Operasi Zebra, Polres Madiun Kedepankan Edukasi Daripada TilangKapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan.Dok.IDN Times/Humas Polres Madiun.

Saat ini, ia melanjutkan, upaya yang lebih diprioritaskan adalah mengajak pengguna jalan tertib berlalu lintas. Selain itu, meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan. Sebab, ledakan kasus COVID-19 pada gelombang ketiga diprediksi berpotensi terjadi.

Oleh karena itu, warga khususnya para pengguna jalan diminta tidak abai dengan protokol kesehatan. Ini meski kasus COVID-19 sudah melandai dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah diperlonggar.

2.Lokasi operasi difokuskan di sekitar tempat keramaian

Operasi Zebra, Polres Madiun Kedepankan Edukasi Daripada TilangKasatlantas Polres Madiun AKP Firman Widyaputra.Dok.IDN Times/Humas Polres Madiun

Kasatlantas Polres Madiun AKP Firman Widyaputra menambahkan, Operasi Zebra kali ini akan digelar di sejumlah titik. Adapun lokasi yang diprioritaskan berada di beberapa pusat keramaian, seperti jalan raya di sekitar pasar tradisional.

"Yang diperbanyak ya unsur edukasi. Titik operasinya seperti di Pasar Dolopo dan Alun-Alun Caruban," kata dia.

3. Akan bagikan helm dan masker

Operasi Zebra, Polres Madiun Kedepankan Edukasi Daripada TilangPihak kepolisian dan bikers Karo melakukan penyuluhan penggunaan masker dan pembagian masker gratis. (Dok. IDN Times)

Oleh karena itu dalam Operasi Zebra yang mulai digelar, petugas juga membagikan helm dan masker. Selain mengampanyekan tentang disiplin berlalu lintas juga mendorong warga tetap mematuhi protokol kesehatan.

Meski memprioritaskan edukasi, Firman melanjutkan, polisi juga tetap memberikan tindakan terhadap pelanggar lalu lintas yang membahayakan pengguna jalan. "Kalau ada yang melawan arus, ya pasti akan kami tilang," ia menegaskan.

Baca Juga: Pemkot Madiun Tunggu Regulasi Vaksinasi Anak dari Pusat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya