KSAU Resmikan Satuan Pemeliharaan Baru di Lanud Iswahjudi

Sathar lama kelebihan beban pekerjaan

 

Magetan, IDN Times - Satuan Pemeliharaan (Sathar) di Depo Pemeliharaan 60 Lanud Iswahjudi, Magetan bertambah satu. Jika sebelumnya hanya ada empat, yaitu Sathar 61,62,63, dan 64 maka yang kelima adalah Sathar 65.

Peresmiannya dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna di lapangan Depohar 60, Rabu (12/12). Dalam upacara militer yang berlangsung, KSAU juga menyerahkan Tunggul Sathar 60 'Bhakti Karya Astra Wisesa' Kepala Letkol Tek Arie Santoso yang akan memimpin Sathar 65.

1.Sathar 65 baru merupakan pecahan dari Sathar 61

KSAU Resmikan Satuan Pemeliharaan Baru di Lanud IswahjudiIDN Times/Nofika Dian

Menurut Yuyu, pembentukan Sathar 65 karena Sathar 61 sudah over kapasitas. Beban kerjanya sudah mencapai 140, 15 persen lantaran menangani alutsista yang jumlahnya kian bertambah. Teknologi yang digunakan juga semakin canggih. Karena itu, untuk memaksimalkan kinerja Depohar, maka Sathar 61 dipecah. Satunya menjadi Sathar 65.
"Alutsista semakin banyak yang datang, sehingga Sathar 61 dipisah (menjadi dua) antara senjata danmrat dan rudal," kata KSAU kepada sejumlah wartawan

2.Tugas Sathar 65

KSAU Resmikan Satuan Pemeliharaan Baru di Lanud IswahjudiIDN Times/Nofika Dian

Tugas Sathar 65 adalah melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan peluru kendali udara ke udara (air to air), udara ke darat (air to ground), dari darat ke udara (ground to air), serta peralatan pendukung pemeliharaan rudal.
"Rudal dipelihara di Sathar 65 yang dibentuk sekarang. Harapannya, kinerja Sathar 61 dan Sathar 65 semakin baik, pemeliharan terjamin, dan kesiapan operasi akan meningkat," ungkap Yuyu Sutisna.

3. Infrastruktur dan personel akan ditambah

KSAU Resmikan Satuan Pemeliharaan Baru di Lanud IswahjudiIDN Times/Nofika Dian

Untuk memaksimalkan Sathar yang baru diresmikan, sejumlah infrastruktur seperti gedung maupun gudang akan ditambah. Demikian halnya dengan persiapan personel."Semua kebutuhan infrastruktur secara bertahap akan dipenuhi. Personelnya juga dibangun". Yuyu menuturkan.

Baca Juga: Upaya Lanud Iswahjudi Menyambut Kedatangan Pesawat Sukhoi SU-35

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya