Comscore Tracker

Kasus DBD di Madiun Melonjak, Bupati: Puncak Penularannya Bulan Ini

Seiring dengan puncak musim hujan

Madiun, IDN Times - Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro menginstruksikan kepada warga untuk meningkatkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Sebab, kasus demam berdarah dengue (DBD) semakin bertambah. Bahkan, bulan Januari ini diperkirakan sebagai masa puncak penyebarannya.

"Berdasarkan laporan dari dinkes, puncaknya bulan ini. Maka, saya minta masyarakat memberantas sarang nyamuk," kata Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, Selasa (11/1/2022).

1. Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa

Kasus DBD di Madiun Melonjak, Bupati: Puncak Penularannya Bulan IniPetugas Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun melaksanakan fogging atau pengasapan di Kelurahan/Kecamatan wungu, Kamis (23/12/2021). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

PSN dinyatakan sebagai upaya paling efektif dalam mencegah DBD. Ini karena dapat memutus rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. "Biasanya, untuk mengatasi hal ini masyarakat meminta fogging. Padahal sebenarnya kurang efektif," ujar Kaji Mbing, sapaan akrab Ahmad Dawami Ragil Saputro.

Fogging atau pengasapan yang dilakukan setiap kali ada kasus DBD hanya sebatas membunuh nyamuk dewasa. Sementara, telur dan nyamuk yang masih kecil tetap bisa berkembangbiak lebih lanjut.

Baca Juga: Kasus DBD di Kabupaten Madiun Meningkat, Satu Pasien Meninggal

2. Belum masuk kategori KLB

Kasus DBD di Madiun Melonjak, Bupati: Puncak Penularannya Bulan IniIlustrasi pasien DBD (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Maka, Kaji Mbing menyatakan PSN yang dilakukan secara masif akan menurunkan kasus DBD. Apalagi, hingga jumlah penderita yang ditangani sejak awal hingga hampir pertengahan Januari ini sudah tercatat 25 orang. 

Angka itu lebih banyak tiga kali lipat dibandingkan periode Januari 2021 yang hanya ada tujuh kasus. Namun demikian, pihak pemkab belum menjadikannya sebagai kejadian luar biasa (KLB)."Belum ke sana, karena ada kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi (untuk KLB)," bupati menuturkan.

3. Dinyatakan KLB jika kasusnya lebih dari separuh tahun lalu

Kasus DBD di Madiun Melonjak, Bupati: Puncak Penularannya Bulan IniPetugas Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun melaksanakan fogging atau pengasapan di Kelurahan/Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun dr. Soelistyo Widyantono mengatakan status KLB DBD dapat diterapkan jika kasusnya lebih dari setengah kasus pada tahun sebelumnya. Adapun jumlah kasus selama tahun 2021 tercatat ada 117 dan satu di antaranya meninggal dunia. 

"Untuk menentukan status KLB meengunakan perbandingan tahunan dan bukan bulanan. Aturannya seperti itu, ujar Soelis.

Baca Juga: Kasus DBD di Madiun Meningkat, Puncaknya Diperkirakan Maret

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya