Kagum dengan Bupati saat Kecil, Kini Kaji Mbing Pimpin Kab.Madiun

Aktif di NU sejak muda

Madiun, IDN Times – Jiwa berorganisasi sudah dipupuk Ahmad Dawami Ragil Saputro sejak muda. Kala itu, ia aktif di ormas Badan Otonom (Badanom) Nahdhatul Ulama (NU), yakni Gerakan Pemuda Ansor dan Bantuan Serbaguna (Banser).

Dari organisasi itu, Kaji Mbing, sapaan akrab Ahmad Dawami Ragil Saputro memulai karir politiknya. Hingga akhirnya ia resmi dilantik Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 24 September 2018 sebagai Bupati Madiun periode 2018 – 2023. Ia berpasangan dengan wakil bupati, Hari Wuryanto.

Berikut profil singkatnya.

1. Keinginannya muncul ketika ada kunjungan bupati

Kagum dengan Bupati saat Kecil, Kini Kaji Mbing Pimpin Kab.MadiunBupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro memberikan sambutan saat Festival Kampung Pesilat di Alun-Alun Caruban, Kabupaten Madiun, Senin malam (28/10). Dok.IDN Times/Istimewa

Saat bersekolah di MI Muhtaruk Ulum, Desa Sumberejo, Kecamatan/Kabupaten Madiun, Kaji Mbing sempat menyeletuk ingin menjadi bupati. Hal ini diungkapkan kepada salah seorang gurunya ketika sekolah setempat didatangi Bupati Madiun Bambang Kusbandono yang menjabat pada periode 1983 – 1988.

Celetukan tersebut didorong rasa kagum lantaran banyaknya siswa maupun masyarakat yang menyambut kedatangan bupati, kala itu. Salah seorang guru yang diajak berbincang memberikan motivasi kepada Ahmad Dawami untuk lebih rajin belajar dan meningkatkan prestasi akademik.  

2. Didorong kawan satu organisasi

Kagum dengan Bupati saat Kecil, Kini Kaji Mbing Pimpin Kab.MadiunBupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro (kanan) saat meninjau ruangan laboratorium PCR di RSUD Caruban, Kabupaten Madiun, Selasa (10/11/2020). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Entah kebetulan atau tidak. Yang jelas, seiring berjalannya waktu sepak terjang Kaji Mbing di bidang politik kian moncer. Ia diangkat menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Madiun periode 2017-2022.  Selain itu, ia juga menjadi pengurus organisasi kemasyarakatan NU Kabupaten Madiun.

Kawannya di organisasi massa Islam ini menjadi salah satu pendorong Kaji Mbing maju sebagai calon bupati. Selain itu, garis politik di luar daerah juga memotivasinya untuk unjuk gigi. Dengan naik kendaraan politik Partai Demokrat, Golkar, Hanura, dan PKPI ia maju di pilkada Kabupaten Madiun. Ini dengan berpasangan dengan Hari Wuryanto.

3. Nge-trail dan main gitar untuk dekati warga

Kagum dengan Bupati saat Kecil, Kini Kaji Mbing Pimpin Kab.MadiunBupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro sedang nge-trail. Dok.IDN Times/Istimewa

Ketika menjabat sebagai orang nomor satu di Pemkab Madiun, Kaji Mbing punya cara tersendiri untuk menjalankan tugas. Tak jarang ia terjun ke desa-desa dengan mengendari sepeda motor trail untuk memudahkan perjalanan.

Selain itu, ia juga kerap memainkan gitar dan bernyanyi di hadapan warga. Lagu yang disenandungkan untuk menciptakan suasana yang cair antara bupati degan warga. Dengan demikian, dapat menghilangkan sekat antara pimpinan dan rakyat.

Baca Juga: Berdiri Pabrik Baru, Ratusan Warga Madiun Terserap Bekerja 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya