Comscore Tracker

Hujan Deras Disertai Angin Kecang Terjang Kota Madiun 

Dua rumah tertimpa pohon tumbang

Madiun,IDN Times – Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kota Madiun, Jumat petang (13/12). Akibatnya, sejumlah pohon tumbang di sembilan lokasi, di antaranya Jalan Kompol Sunaryo, Stasiun Madiun, Jalan Dr.Sutomo, Jalan Slamet Riyadi, dan Stadion Wilis.

Tumbangnya pohon sempat menghambat arus lalu lintas, terutama yang melintang jalan. Dua rumah warga di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Jenggolo dilaporkan rusak setelah tertimpa pohon. Selain itu, bagian sejumlah bangunan juga mengalami kondisi yang sama. Aliran listrik di sejumlah lokasi juga putus.

1. Hujan disertai dengan butiran es

Hujan Deras Disertai Angin Kecang Terjang Kota Madiun Pohon tumbang melintang di Jalan dr.Sutomo, Kota Madiun setelah diterjang hujan disertai angin kencang, Jumat (13/12). Dok.IDN Times/Istimewa

Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun Agus Hariono mengatakan, hujan deras terjadi sekitar satu jam. Yakni sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sebagian wilayah seperti Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo hujan yang turun dinyatakan disertai dengan butiran es.

Hingga berita ini ditulis, pihak BPBD masih melakukan penanganan dari dampak fenomena alam tersebut. Evakuasi dengan memotong pohon yang tumbang di sejumlah titik. Upaya itu dibantu dengan sejumlah petugas organisasi perangkat daerah, relawan, TNI Angkatan Darat, dan kepolisian.

2. Evakuasi diselesaikan malam ini

Hujan Deras Disertai Angin Kecang Terjang Kota Madiun Pohon tumbang setelah diterjang hujan deras yang disertai angin kencang di kawasan Alun-Alun Kota Madiun.Dok.IDN Times/Istimewa

Evakuasi yang dilakukan bertujuan agar arus lalu lintas di sejumlah titik jalan dapat kembali normal. Selain itu, menyelamatkan barang berharga yang tersimpan di dua rumah yang tertimpa pohon tumbang.

Setelah pohon berhasil dipotong, maka batangnya akan ditaruh di tepi jalan. Sedangkan, pengangkutannya direncanakan dilangsungkan besok pagi, Sabtu (14/12).

“Untuk evakuasi diselesaikan (Jumat) malam ini karena situasi mendukung (hujan sudah reda),” ujar Agus.

Baca Juga: Angin Kencang Landa Dua Wilayah Kecamatan di Kabupaten Madiun

3. Sebagian warga pasang kejadian ini di Status WhatsApp

Hujan Deras Disertai Angin Kecang Terjang Kota Madiun Pohon tumbang setelah dihempas angin kencang di Kota Madun, Jumat (13/12).Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi di Kota Madiun banyak menjadi perhatian warga. Mereka mengabadikan kejadian tersebut dengan merekam video dan mengunggahnya di status WhatsApp maupun di media sosial lainnya.

Peristiwa yang terekam seperti terbangnya seng atap rumah dengan mengeluarkan percikan api. Selain itu, kepanikan warga yang sedang berada di teras pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Pasca Angin Kencang, Warga kabupaten Madiun Kerja Bakti

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya