Dugaan Korupsi Alsintan, Enam Kadinas Pertanian di Jatim Diperiksa

Kejaksaan Agung turun tangan

Madiun, IDN Times - Kepala Dinas Pertanian di enam kabupaten bagian barat Jawa Timur diperiksa terkait dugaan korupsi pengadaan alat dan mesin pertanian (alsintan) program kedaulatan pangan tahun anggaran 2015 pada Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian.

Mereka diperiksa oleh tim jaksa penyidik Satuan Tugas Khusus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Korupsi (Satgassus P3TPK) Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung pada Rabu (28/8). Lokasi pemeriksaannya di Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun.

1. Hingga sore pemeriksaan belum rampung

Dugaan Korupsi Alsintan, Enam Kadinas Pertanian di Jatim DiperiksaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sejak pukul 10.00 WIB kepala maupun staf Dinas Pertanian Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan mulai berdatangan secara bertahap. Hingga pukul 16.30, para kepala dinas yang berstatus sebagai saksi itu masih berada di ruang pemeriksaan, yakni aula lantai dua Kejari Kabupaten Madiun.

Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Madiun Bayu Novriandinata mengatakan bahwa dalam pemeriksaan itu pihaknya hanya diminta menyediakan ruangan. Untuk penanganan secara keseluruhan dilakukan oleh tim jaksa Satgassus P3TPK. "Kemarin kami dihubungi dan diminta menyiapkan enam meja, enam printer di aula lantai dua," kata dia.

2. Kejari Kabupetan Madiun hanya dimintai sediakan tempat

Dugaan Korupsi Alsintan, Enam Kadinas Pertanian di Jatim DiperiksaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Dari jumlah meja yang disediakan, Bayu menuturkan, sesuai dengan jumlah jaksa Satgassus P3TPK yang melakukan pemeriksaan terhadap saksi. "Kami hanya ketempatan saja. Soal materi pemeriksaan tidak diberitahu," ujar dia.

Bayu juga meminta kepada sejumlah jurnalis untuk tidak masuk ke gedung Kejari. Sebab, pemeriksaan berlangsung tertutup. Bahkan, pihaknya diminta untuk menjaga kondisi tetap tenang.

Baca Juga: Dugaan Korupsi  Tulungagung, Soekarwo Diperiksa KPK 10 Jam

3. Data tertulis dibawa para saksi

Dugaan Korupsi Alsintan, Enam Kadinas Pertanian di Jatim DiperiksaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, berdasarkan foto surat panggilan saksi dari Kejagung yang diterima IDN Times, pengadaan alsintan yang diduga dikorupsi seperti traktor roda dua, traktor roda empat, pompa air, ekskavator, dan nampan semai atau seeding tray. Dalam pemeriksaan kali ini para saksi membawa data untuk ditunjukkan kepada tim jaksa penyidik Satgassus P3TPK Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung.

Staf Dinas Pertanian dari enam kabupaten mengangkat beberapa gebok data tertulis dari mobil dinas yang diparkir di halaman Kejari Kabupaten Madiun. Kemudian, mereka menuju ruang pemeriksaan di lantai dua gedung yang berada di tepi jalur Madiun - Surabaya yang masuk wilayah Kecamatan Balerejo itu.

Baca Juga: Kakak Beradik Pengedar Sabu Dibekuk Polisi Madiun  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya