Cegah Penyebaran COVID-19, 10 Ribu Masker Dibagikan di Madiun

Ludes dalam sekejap

Madiun, IDN Times – Tim Penggerak (TP) PKK, organisasi perangkat daerah, dan Forkompimda Kabupaten Madiun membagikan 10 ribu masker sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19, Senin (17/8/2020). Kegiatan bertajuk Gerakan Bersama Pakai (Gebrak) Masker itu berlangsung di dua titik.

Lokasi pertama di Jalan A.Yani dan di depan Taman Kota, Jalan Panglima Sudirman, Caruban. Tidak lebih dari 1 jam, masker ludes dibagikan kepada para pengguna jalan yang melintas.

Ketua TP PKK Kabupaten Madiun, Penta Lianawati Ahmad Dawami mengatakan bahwa seluruh masker yang dibagikan merupakan hasil produksi pelaku usaha konveksi di daerah setempat. Bahan dasarnya dari kain. “Bukan masker bedah,” kata Penta di sela pembagian masker di Jalan A.Yani, Caruban.

1. Penggantian masker rata-rata masih satu lembar per hari

Cegah Penyebaran COVID-19, 10 Ribu Masker Dibagikan di MadiunSebuah ondel-ondel dipasangi masker di kawasan Kramat Pulo, Jakarta, Kamis (13/8/2020) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Oleh karena itu, pembagian masker direncanakan terus berlanjut. Apalagi, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, menurut Penta, idealnya setiap orang menggunakan masker sebanyak empat lembar per hari. Ini untuk menjaga kebersihan dan tidak menimbulkan permasalahan kesehatan baru seiring upaya mencegah COVID-19.

“Tapi, kalau di sini belum seperti itu. Rata-rata sehari masih memakai satu masker (untuk setiap orang),” ujar dia kepada sejumlah wartawan.

2. Gerakkan Dasa Wisma

Cegah Penyebaran COVID-19, 10 Ribu Masker Dibagikan di MadiunKetua TP PKK Kabupaten Madiun, Penta Lianawati Ahmad Dawami. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Kondisi seperti itu dinilai karena kurangnya pemahaman warga tentang pentingnya pemakaian masker yang steril. Untuk itu, pihak TP PKK berusaha berperan aktif dalam penyampaian informasi seputar COVID-19. Salah satunya tentang penggunaan masker.

“Kami punya jajaran paling bawah, yaitu Dasa Wisma yang ikut memantau penerapan protokol kesehatan,” Penta menuturkan.

Baca Juga: Libur Agustusan dan Suro, Daop 7 Madiun Operasikan KA Brantas

3. Bersinergi dengan pemkab

Cegah Penyebaran COVID-19, 10 Ribu Masker Dibagikan di MadiunSuasana pembagian masker bertajuk Gebrak Masker di Caruban, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Dasa Wisma, dinilai efektif dalam menyampaikan pesan tentang COVID-19 berikut upaya pencegahannya. Sebab, cakupan pendampingannya hanya 10 keluarga yang memiliki kedekatan emosional.

“Pada prinsipnya, kami bersinergi dengan Pemkab Madiun untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,” ujar Penta.

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Upacara Agustusan di Madiun Digelar Secara Virtual

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya