Antisipasi Kecelakaan, PT KAI Madiun Alihkan 2 Perlintasan Sebidang

Hindari kejadian seperti di Surabaya dan Nganjuk

NGAWI, IDN Times – Kecelakaan antara kereta api dengan kendaraan lain di perlintasan sebidang yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa telah terjadi di Surabaya dan Nganjuk belum lama ini. PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun melakukan antisipasi agar peristiwa itu tidak terulang.

Pengalihan sejumlah jalan perlintasan sebidang akan dilakukan dalam waktu dekat. Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendri Wintoko, mengatakan ada dua perlintasan di wilayah kerjanya yang bakal dialihkan.

Baca Juga: Kecelakaan Kereta Api Telan Tiga Nyawa, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Perlintasan yang bakal dialihkan masuk wilayah Ngawi

Antisipasi Kecelakaan, PT KAI Madiun Alihkan 2 Perlintasan SebidangDok. IDN Times/Istimewa

Ixfan mengatakan perlintasan sebidang yang akan dialihkan itu adalah jalur perlintasan langsung (JPL) No 50 KM 215+7/8 petak yang terletak di jalan antara Walikukun - Kedungbanteng. Rencananya jalur ini akan dialihkan ke underpass BH no 139 diKM 215+2/3 petak Jalan Walikukun - Kedungbanteng yang masuk Desa Ngrancang, Ngawi.

Selain itu, JPL No 41 KM 207+2/3 petak jalan antara Kedunggalar - Walikukun. Jalur ini akan dialihkan ke underpass di BH no 117 di KM 207 + 1/2 petak jalan Kedunggalar – Walikukun masuk Desa Jenak, Ngawi.

2. PT KAI Daop 7 terlebih dulu izin ke Dirjen Kereta Api

Antisipasi Kecelakaan, PT KAI Madiun Alihkan 2 Perlintasan SebidangDok. IDN Times/Istimewa

Sebelum pengalihan JPL, Ixfan mengatakan bahwa pihaknya terlebih dulu melayangkan surat kepada Direkorat Jenderal Perkeretaapian. Langkah ini untuk melaporkan rencana pengalihan jalur yang dinilai rawan terjadi kecelakaan.

Tidak hanya itu, pihak PT KAI Daop 7 Madiun akan menyediakan akses jalan bagi warga. Adapun tujuannya rencana pengalihan JPL itu, tidak mengganggu kegiatan warga di sekitar lokasi. “Sebelum dialihkan kami akan bersurat dulu pada pihak Ditjenka melalui Satker untuk dibuatkan dulu akses jalan bagi warga,’’ ujar Ixfan, Jumat (26/10).

3. Pengecekan jalur juga dilakukan menjelang Natal dan Tahun Baru

Antisipasi Kecelakaan, PT KAI Madiun Alihkan 2 Perlintasan SebidangDok. IDN Times/Istimewa

Selain berencana mengalihkan JPL, PT KAI Daop 7 Madiun juga melakukan pengecekan jalur untuk mengantisipasi kecelakaan. Langkah ini dijalankan di KM 220+0/9 Desa Pakah, Ngawi hingga Stasiun Walikukun.

Menurut Ixfan, pengecekan jalur itu untuk persiapan masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Apalagi, proyek jalur ganda yang melibatkan banyak alat berat dan pekerja sedang berlangsung di jalur tersebut. “Pengecekan meliputi batas garis pengaman, penempatan material, bantalan beton, rel, alat berat, dan penggunaan pakaian pengaman,’’ kata Ixfan.

Baca Juga: Banyak Kecelakaan Kereta, Anggota DPR Ini Salahkan Pemotongan Dana KAI

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya