200 Warga Binaan Lapas I Madiun Dapat Vaksin Booster

Kerjasama dengan Polres Madiun Kota

Madiun, IDN Times – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Madiun menggelar vaksinasi ketiga (booster),Rabu (13/4/2022). Sekitar 200 warga binaan pemasyarakatan (WBP) mendapat suntikan vaksin jenis AstraZeneca di aula Saharjo, Lapas Kelas I Madiun.

Kepala Lapas Kelas I Madiun, Kunrat Kasmiri mengatakan bahwa vaksinasi yang digelar itu merupakan bentuk kerjasama dengan Polres Madiun Kota. Ini untuk mewujudkan herd immunity (kekebelan kelompok) seperti yang diprogramkan pemerintah.

1. Siapkan warga binaan sebelum kembali ke masyarakat

200 Warga Binaan Lapas I Madiun Dapat Vaksin BoosterVaksinasi Booster bagi warga binaan Lapas Kelas I Madiun yang merupakan kerjasama antara pihak Lapas dengan Polres Madiun Kota, Rabu (13/4/2022). Foto. Lapas Kelas I Madiun

Apalagi, setiap WBP tidak selamanya berada di Lapas. Setiap saat, mereka akan kembali ke keluarga dan masyarakat setelah masa hukumannya berakhir. Begitu masa itu tiba, para WBP sudah siap dengan mengantongi sertifikat vaksin ke-1, 2, dan 3.

“Kegiatan ini dalam rangka ikut mengubah pandemi menjadi endemi. Ketika warga binaan kembali ke masyarakat akan bisa beradaptasi lebih cepat,” ujar Kunrat.

2. Kejar target 30 persen pada 30 April mendatang

200 Warga Binaan Lapas I Madiun Dapat Vaksin BoosterIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kapolres Madiun Kota, AKBP Suryono mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi termasuk bagi WBP merupakan dukungan untuk mempercepat capaian vaksinasi. Apalagi, pemerintah telah menargetkan capaian vaksinasi booster sudah 30 persen pada 30 April 2022.

“Maka, kami bekerja sama dengan Lapas Kelas I Madiun untuk percepatan vaksinasi booster,” ujar Suryono ketika meninjau pelaksaan vaksinasi di Lapas.

Baca Juga: Disebut Biang Lakalantas, Rel Serong di Madiun Segera Dipindah

3. Dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58

200 Warga Binaan Lapas I Madiun Dapat Vaksin BoosterLapas Kelas I Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Dengan percepatan vaksinasi diharapkan kekebalan tubuh dalam suatu kelompok semakin meningkat. Dengan demikian, potensi serangan Covid-19  kian dapat dikendalikan sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal.

Sementara, vaksinasi itu dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58. Dalam kegiatan itu, petugas kesehatan yang dilibatkan dari Lapas Kelas I Madiun dan Dokpol Polres Madiun Kota.

Baca Juga: Bikin Bising! Belasan Motor Berknalpot Brong di Madiun Digaruk Polisi 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya