Comscore Tracker

13 Orang di Kota Madiun Positif COVID 19 Varian Omicron

Pemkot siapkan operasional RS Lapangan lagi

Madiun, IDN Times - Pemkot Madiun kembali menyiapkan RS Lapangan di Wisma Haji yang sebelumnya ditutup untuk sementara. Langkah ini sebagai antisipasi kian meningkatnya kasus COVID-19 varian Omicron. 

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan bahwa jumlah kasus hingga akhir pekan kemarin tercatat sebanyak 13 dari klaster instansi perbankan. Sebanyak sembilan orang di antaranya merupakan warga Kota Madiun. Sedangkan empat lainnya dari luar daerah. "RS Lapangan kami siapkan lagi" ujar Maidi, Senin (24/1/2022).

1. Patroli keliling kembali digencarkan

13 Orang di Kota Madiun Positif COVID 19 Varian OmicronWali Kota Madiun, Maidi (kanan) memberikan pengarahan kepada warga tentang upaya pencegahan COVID-19 di depan Balai Kota Madiun, Selasa (21/7/2020). Dok.IDN Times/Istimewa

Upaya lain yang dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 setempat dengan menggencarkan patroli keliling. Petugas terus memantau pergerakan warga untuk menghalau terjadinya kerumunan yang berlebihan. 

Peningkatan disiplin protokol kesehatan (prokes) yang lain, yakni memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas juga menjadi prioritas patroli. "Prinsipnya apapun variannya, penangkalnya prokes. Kami juga gencarkan tracing-nya," kata wali kota.

Baca Juga: 8 Warga Jatim Positif Omicron, 3 Masih Balita

2. Optimalkan gerai masker

13 Orang di Kota Madiun Positif COVID 19 Varian OmicronIlustrasi memakaikan masker pada anak (Pexels/Ketut Subiyanto)

Dengan demikian, mantan Sekda Kota Madiun itu berharap agar warga tidak perlu panik. Warga diminta tetap waspada dengan senantiasa menerapkan disiplin prokes. Untuk mewujudkannya pihak pemkot semakin mengoptimalkan gerai masker. Salah satu caranya dengan menambah titik gerai tersebut

"COVID-19 varian Omicron dampaknya tidak berat tetapi penyebarannya cepat. Jadi segala sesuatunya kami siapkan," ia menjelaskan.

3. Enam warga positif COVID-19 varian Delta

13 Orang di Kota Madiun Positif COVID 19 Varian Omicronilustrasi virus corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Maidi menambahkan selain varian Omicron, kasus COVID-19 varian Delta juga masih terjadi di Kota Madiun. Adapun jumlahnya tercatat sebanyak enam kasus positif. Mereka yang tertular virus Corona itu tengah menjalani perawatan dan isolasi terpadu.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun, pasien COVID-19 itu menjalani perawatan di beberapa rumah sakit. Sedangkan bagi yang menjalani isolasi mandiri ditangani di Kampung Tangguh COVID-19.

Baca Juga: Remaja 16 Tahun di Lamongan Positif COVID-19 Varian Omicron

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya