Jadi Tersangka, Ini Awal Mula Pria Madiun Terlibat Kasus Bjorka

Channel Telegramnya dibeli USD100

Madiun, IDN Times – Keterlibatan Muhammad Agung Hidayatullah (21) dalam kelompok peretas Bjorka ternyata bermula dari keinginannya melakukan jual-beli channel media sosial Telegram. Apabila terjadi transaksi, maka ia mendapatkan cuan.

Ketika berhasil masuk ke grup tertutup Bjorka, warga Dusun Mawatsari, Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun ini sengaja membuat akun Bjorkanism yang menyerupai Bjorka. Salah satu tujuannya mendapatkan banyak pengikut. Dalam sekejap, akun itu sudah mempunyai sekitar 6.000 followers.

1. Mengunggah tiga pernyataan Bjorka

Jadi Tersangka, Ini Awal Mula Pria Madiun Terlibat Kasus Bjorkailustrasi hacker

Berangkat dari niat untuk mencari uang, maka Agung sengaja menyalin postingan Bjorka di dalam grup tertutup itu. Lantas, pernyataan Bjorka ditautkannya ke channel Bjorkanism pada tiga waktu berbeda. Pertama pada 8 Setember 2022, ia mengunggah kalimat “Stop Being Idiot”. Kemudian, pada 9 September, Agung mengunggah “the next leaks will come from the President of Indonesia”. 

Lalu unggahan ketiga pada 10 September, ia mengunggah “to support people who are struggiling by holding demonstration in Indonesia regarding the price fuel oil. I will publish MyPertamina database soon.”

2. Terima pembayaran berupa bitcoin

Jadi Tersangka, Ini Awal Mula Pria Madiun Terlibat Kasus BjorkaIlustrasi hacker

Setelah itu, di grup tertutup Bjorka muncul pengumuman yang menanyakan tentang pemilik channel Bjorkanism. “Di grup ditanya yang pegang channel siapa. Terus saya kirim DM (direct message) dan ditawari akun saya dibeli 100 Dollar. Sudah cair berupa bitcoin,” ujar Agung ditemui di rumahnya di Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Sabtu (17/9/2022).

Ia mengira, dari situlah permasalahan muncul. Hingga akhirnya, dia ditangkap Tim Siber Mabes Polri di tempatnya bekerja sebagai penjual minuman teh waralaba di kawasan Pasar Dagangan, Kabupaten Madiun, Rabu sore (14/9/2022).

Baca Juga: Tersangka Bjorka, Pemuda Madiun Dipulangkan Langsung Tidur

3. Diberi fasilitas handphone baru oleh polisi

Jadi Tersangka, Ini Awal Mula Pria Madiun Terlibat Kasus BjorkaMuhammad Agung. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Ia juga diinterogasi di Mabes Polri. Hingga akhirnya, pada Jumat pagi kemarin kembali tiba di rumah. “Saya tidur, karena capek perjalanan dengan mobil PP (pulang pergi Madiun – Jakarta dan sebaliknya). Belum lagi harus diinterogasi,” kata Agung.

Dalam kasus ini, ia telah ditetapkan sebagai tersangka. Namun tidak ditalahan lantaran dinilai kooperatif. Untuk koordinasi dengan pihak kepolisian, Agung diberi fasilitas sebuah handphone baru yang diserahkan di Mapolsek Dagangan. 

Baca Juga: Dikenakan Wajib Lapor, Tersangka Pembantu Bjorka Pilih Cuti Kerja

Nofika Dian Nugroho Photo Community Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya