Sumenep Bangun Sport Center, Perssu dan Madura FC Segera Punya Stadion

Pulau Madura akan punya tiga stadion

Sumenep, IDN Times - Tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan memulai salah satu proyek paling prestisius di Pulau Madura, yaitu pembangunan Sport Center. Lokasinya telah ditetapkan di Desa Patean, Kecamatan Kota Sumenep. Stadion itu akan dibangun tepat di depan kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pengetahuan PGRI dengan luas 7,1 hektare.

Baca Juga: Proyek Miliaran Molor, Sumenep Putus Kontrak PT Sanbel

1. Diprediksi habiskan Rp60 miliar

Sumenep Bangun Sport Center, Perssu dan Madura FC Segera Punya StadionIDN Times/Musthofa Aldo

Sekertaris Daerah Sumenep, Edi Radiasi mengatakan, sumber pendanaan sport center itu berasal dari bantuan pemerintah pusat sebesar Rp60 miliar. Lahannya pun telah dibebaskan seluruhnya.

Sumenep Bangun Sport Center, Perssu dan Madura FC Segera Punya StadionDok IDN Times/Istimewa

Namun Edi mengakui masih ada kendala. Sebab, lahan sepanjang 40 meter yang berada di luar lokasi lahan utama sport center, belum dibebaskan. Lahan itu nantinya akan dijadikan akses utama.  "Insya Allah tahun ini akan dibeli, kami sudah sediakan anggaran Rp10 miliar di APBD 2019," kata dia, Kamis, (10/11).

2. Ditarget selesai akhir 2019

Sumenep Bangun Sport Center, Perssu dan Madura FC Segera Punya StadionIDN Times/Musthofa Aldo

Menurut Edi, Bupati Sumenep KH Busyro Karim, telah berkirim surat permohonan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga agar perencanaan pembangunan sport center dirampungkan awal tahun ini. Sebab, Pemkab Sumenep menargetkan proyek itu sudah rampung akhir 2019.

Dari sejumlah informasi yang diperoleh, bangunan utama dalam sport center Sumenep adalah stadion sepakbola yang rencana kapasitas kursinya setara dengan Stadion Gelora Ratu Pamellingan di Kabupaten Pamekasan.

3. Stadion untuk Perssu dan Madura FC

Sumenep Bangun Sport Center, Perssu dan Madura FC Segera Punya StadionInstagram.com/ madura.fc_official

Stadion itu nantinya akan jadi markas bagi dua klub sepakbola di Sumenep, yaitu Perssu Real Madura (milik Pemkab) dan Madura FC.

Bila sport center ini rampung, rencana jangka panjang Pemkab Sumenep adalah menjadi tuan rumah gelaran Pekan Olahraga Provinsi. Sebab, fasilitas penunjang lainnya yaitu Bandara telah ada dan jumlah hotel terus bertambah.

Baca Juga: Begini Kronologi Pengaturan Skor Versi Manajer Madura FC

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya