Gempa Guncang Sumenep, Peserta UNBK Terluka 

Gempa juga dirasakan warga pulau lain

Sumenep, IDN Times - Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa, 2 April 2019. Gempa berkekuatan 4,9 skala Richter itu menyebabkan sejumlah bangunan di Pulau Raas rusak, namun belum dapat dipastikan jumlahnya. Seorang siswa peserta UNBK di pulau itu juga dikabarkan terluka.

"Luka ringan dan sudah dirawat di Puskesmas," kata Surya, warga Pulau Raas.

1. Terluka karena tersandung reruntuhan

Gempa Guncang Sumenep, Peserta UNBK Terluka pixabay.com/Acturian

Imran, nama siswa yang terluka itu merupakan siswa SMA Al-Fanisa di Desa Brakas. Ketika gempa terjadi pukul 08.20 wib, Imran dan siswa lain tengah bersiap mengikuti ujian nasional. Belum lagi ujian dimulai, gempa mengguncang dan getarannya meruntuhkan keramik di dinding.

Siswa yang panik pun berhamburan ke luar ruangan. Saat berebut keluar kelas itulah kaki Imran tersandung reruntuhan keramik. "UNBK sempat ditunda," ungkap Surya.

2. Gempa juga dirasakan warga Pulau Sepudi dan Kangean

Gempa Guncang Sumenep, Peserta UNBK Terluka IDN Times/Sukma Shakti

Selain di Pulau Raas, gempa juga dirasakan warga di Pulau Sepudi dan Kangean, namun belum ada laporan apakah gempa di kedalaman 5 kilometer itu menyebabkan bangunan rusak atau korban.

3. Gempa ketiga dalam 9 bulan

Gempa Guncang Sumenep, Peserta UNBK Terluka IDN Times/Musthofa Aldo

Gempa kali ini adalah yang ketiga kali terjadi di kabupaten paling timur di Pulau Madura itu dalam 9 bulan terakhir. Gempa terparah terjadi pada Agustus tahun lalu karena menyebabkan ratusan rumah rusak parah dan menrwaskan tiga orang.

4. Kembali diguncang gempa malam hari

Gempa Guncang Sumenep, Peserta UNBK Terluka BMKG

Selain pada siang hari tadi, Sumenel juga kembali diguncang gempa pada sekitar pukul 20.00 WIB. Kekuatan gempa kali ini lebih kecil yaitu 4,4 magnitudo. Tak ada peringatan Tsunami dari gempa tesebut.

Baca Juga: Sumenep Diguncang Gempa Kedua Berkekuatan 4,4 Magnitudo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya