Sumenep Diguncang Gempa Kedua Berkekuatan 4,4 Magnitudo

Semoga tetap diberi keselamatan

Sumenep, IDN Times - Kabupaten Sumenep kembali diguncang gempa bumi untuk kedua kalinya pada, Selasa (2/4). Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Kimatologi dan Geofisika (BMKG), Gempa bumi kedua ini berkekuatan 4,4 magnitudo, terjadi pukul 20.09 WIB.

1. Pusat gempa di laut, dirasakan di Raas dan Sapudi

Sumenep Diguncang Gempa Kedua Berkekuatan 4,4 MagnitudoUnsplash.com/Andrew Buchanan

 

Gempa bumi kedua ini dirasakan di kawasan Raas dan Sapudi, Sumenep, Madura. Lokasi gempa pada 7.2 LS, 114.56 BT. Gempa ini terjadi di laut, dengan kedalaman 78 km Tenggara Sumenep.

Meski gempa berkekuatan 4,4 magnitudo ini tidak besar. Guncangannya tetap bisa dirasakan di beberapa kepulauan Sumenep, seperti Raas dan Sapudi. Akan tetapi, BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini bahaya tsunami atas gempa ini. Hingga sekarang pun belum diketahui apakah ada kerusakan.

2. Sebelumnya gempa 5,0 magnitudo

Sumenep Diguncang Gempa Kedua Berkekuatan 4,4 MagnitudoIDN Times/Sukma Shakti

 

Sebelumnya, gempa bumi telah mengguncang Sumenep pada pukul 08.22 WIB, Selasa (2/4). Gempa tersebut berkekuatan lebih besar, yakni 5,0 magnitudo. Sementara pusat gempa di laut kedalaman 84 km Tenggara Sumenep.

3. Akibatkan bangunan rusak dan satu orang dilarikan ke Puskesmas

Sumenep Diguncang Gempa Kedua Berkekuatan 4,4 MagnitudoBMKG

 

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyebut bahwa gempa yang terjadi di Sumenep pada pagi hari mengakibatkan beberapa bangunan rusak. Tak hanya itu, ada satu orang warga yang mengalami luka.

"Sudah saya koordinasikan dengan Kepala BPBD dengan Pak Sekda. Sejauh ini hanya satu orang yang dibawa ke RS, ke Puskesmas. Kemudian saya lihat di fotonya diinfus," kata Khofifah saat di Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya, Selasa (2/4)

Baca Juga: Gempa 5,0 Magnitudo di Sumenep, Pemprov Jatim Siap Tanggung Kerusakan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya