Sambang Banyuwangi, Rini Kunjungi Pulau Merah hingga De Djawatan

Selfie hingga icip kuliner Banyuwangi

Banyuwangi, IDN Times -  Menteri BUMN Rini Soemarno menghabiskan waktu akhir pekan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi, Minggu (30/12). Saat baru mendarat di Bandara Banyuwangi, Rini tampak asik foto-foto arsitektur bandara yang didesain ramah lingkungan.

1. Berkunjung ke Pulau Merah

Sambang Banyuwangi, Rini Kunjungi Pulau Merah hingga De DjawatanIDN Times/Istimewa

Usai menikmati kuliner di kawasan bandara, Rini bersama jajaran BUMN meluncur ke Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran. Pulau Merah baru ditetapkan sebagai bagian geological park nasional.

“Pantainya sangat bagus. BUMN akan mendukung penuh,” kata Rini sambil jalan jalan menyusuri pantai. Rini dan rombongan juga bersantai dengan menikmati kelapa muda segar dan durian. 

2. Bakal buat program tabungan sampah

Sambang Banyuwangi, Rini Kunjungi Pulau Merah hingga De DjawatanIDN Times/Istimewa

 

Dalam kesempatan tersebut, Rini juga menyampaikan bakal menggerakkan salah satu BUMN, PT Pegadaian untuk menyediakan program tabungan sampah.

"Di Pegadaian ada program menyetor sampah plastik. Masyarakat bisa menyetor sampah dan ditukar dengan emas batangan," ungkap Rini.

3. Berkunjung ke De Djawatan

Sambang Banyuwangi, Rini Kunjungi Pulau Merah hingga De DjawatanIDN Times/Istimewa

Setelah puas menikmati keindahan wisata di Pulau Merah, Rini lanjut mengunjungi wisata De Djawatan, di Kecamatan Cluring yang terkenal dengan kawasan mirip latar film "Lord of The Ring". Di sana terdapat  pohon-pohon trembesi yang diperkirakan berusia ratusan tahun.

Di lokasi De Djawatan, Rini cukup kerasan. Selama kurang lebih 45 menit, Rini menjelajahi area De Djawatan sambil sesekali ber-swafoto.

Baca Juga: Bandara Banyuwangi Resmi Melayani Direct Flight ke Kuala Lumpur

4. De Djawatan bakal dibuat kebun raya mini

Sambang Banyuwangi, Rini Kunjungi Pulau Merah hingga De DjawatanIDN Times/Istimewa

 

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang menemani Rini selama keliling ke pariwisata di Banyuwangi menyampaikan, Pemkab Banyuwangi dengan BUMN bakal bersinergi mengembangkan sejumlah destinasi wisata.

“Pemkab Banyuwangi dan BUMN akan berkolaborasi mengembangkan destinasi De Djawatan ini. Nanti kami juga melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), karena kami ingin De Djawatan ini jadi semacam kebun raya mini. Konsep final pengembangan sedang disusun. Intinya agar semakin bagus, ramai, dan pedagang tambah laris,” ujar Bupati Anas.

Usai dari De Djawatan, Rini mengunjungike sentra ikan bakar di kawasan Pantai Blimbingsari, di Kecamatan Blimbingsari untuk menikmati kuliner di sana.

Baca Juga: Tabrakan Maut Antar Bus di Banyuwangi, Tiga Orang Meninggal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya