Polres Bondowoso Bubarkan Balap Liar di Tengah Pandemik Corona

Balap liar perbatasan kabupaten

Bondowoso, IDN Times - Sekolompok pemuda di Kabupaten Bondowoso dan Situbondo nekat menggelar kegiatan balap liar di tengah merebaknya wabah virus corona. Balap liar tersebut berlangsung di Jalan Raya Situbondo pada Minggu dini hari (26/4).

Polres Bondowoso membubarkan aksi yang meresahkan warga tersebut. Para pelaku balap liar sebagian kabur, namun sebagian lagi berhasil diamankan oleh polisi. Ada 37 unit sepeda motor yang diamankan polisi.

1. Para pemuda dipulangkan setelah dicek suhu tubuhnya

Polres Bondowoso Bubarkan Balap Liar di Tengah Pandemik CoronaIlustrasi cek suhu tubuh. IDN Times/Aji

Kapolres Bondowoso AKBP Erick Fendriz mengatakan, razia balap liar tersebut merupakan bagian dari penerapan physical distancing dan social distancing agar masyarakat tidak berkerumun di tengah pandemi COVID-19. Dalam razia itu, terdapat 25 warga Bondowoso dan sekitar 30 warga Situbondo yang diamankan. Sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing, kepolisian sempat melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan memberikan pembinaan.

"Jadi semalam kami beri arahan pembinaan agar tak mengulangi balap liar lagi. Setelah itu, kami cek suhu tubuh, baru dipulangkan. Ini kan juga pandemi COVID-19, jadi makanya kami tetap cek suhu tubuh," kata Erick, Minggu siang.

2. Balap liar diikuti puluhan remaja dari dua kabupaten

Polres Bondowoso Bubarkan Balap Liar di Tengah Pandemik CoronaIlustrasi balap liar. unsplash.com

Erick menambahkan, aksi balapan liar tersebut merupakan perilaku kambuhan sekelompok remaja. Mereka biasanya datang ke lokasi Jalan Raya Situbondo yang merupakan kawasan perbatasan Bondowoso dan Situbondo.

"Saat melihat teman-temannya melakukan balapan liar, akhirnya terpancing dan ikut-ikutan. Mungkin karena ini di perbatasan, jadi yang hadir dari dua kabupaten juga," tambahnya.

Baca Juga: Dirazia Polisi, Penonton dan Pembalap Liar di Jombang Kocar-kacir

3. Orangtua harus kontrol anak-anaknya

Polres Bondowoso Bubarkan Balap Liar di Tengah Pandemik CoronaIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Dia pun meminta orangtua dan masyarakat mengontrol anak-anak agar tak keluar rumah. Apalagi saat ini virus corona masih merebak.

"Kami imbau kepada anak-anak muda ini, agar kesadarannya tidak usah menggelar balap liar. Soalnya sangat membahayakan bagi diri sendiri dan pengendara jalan yang melintas karena dilakukan di jalan ramai kendaraan," ujarnya.

Baca Juga: Aksi Balapan Liar di Tulungagung Tewaskan Penonton

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya