Poles Pulau Merah Banyuwangi, Rini Tunjuk Perhutani dan PT Patra 

Akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata

Banyuwangi, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku tertarik mengembangkan fasilitas pariwisata Pulau Merah di Kabupaten Banyuwangi. Di pulau yang sudah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional tersebut, bakal dibangun sejumlah fasilitas wisata.

 

1. Bangun tempat jogging hingga lapak UMKM

Poles Pulau Merah Banyuwangi, Rini Tunjuk Perhutani dan PT Patra IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Rini pun menunjuk Perhutani untuk mengembangkan sejumlah fasilitas baru seperti walk beach, jogging track, fasilitas bermain anak hingga lapak UMKM untuk masyarakat sekitar.

"Kita akan melakukan pengelolaan Pantai Pulau Merah ini dengan memperkuat kemitraan dengan masyarakat sekitar. BUMN telah punya master plan yang nantinya bisa disepakati bersama warga," ungkap Menteri Rini saat mengunjungi Pantai Pulau Merah, Minggu (31/12).

Baca Juga: Sambang Banyuwangi, Rini Kunjungi Pulau Merah hingga De Djawatan

2. Pembangunan dimulai awal 2019

Poles Pulau Merah Banyuwangi, Rini Tunjuk Perhutani dan PT Patra IDN Times/Istimewa

 

BUMN menargetkan pada awal tahun 2019, sudah mulai peletakan batu pertama. "Targetnya, pertengahan Januari besok ini sudah bisa groundbreaking atau peletakan batu pertamanya," katanya.

Pantai Pulau Merah, di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi, terkenal memiliki satu pulau mungil dengan unsur tanah berwarna kemerahan yang berada di tengah pantai. Kawasan ini masuk pengelolaan Perhutani.

3. Pelaksana menunjuk PT Patra

Poles Pulau Merah Banyuwangi, Rini Tunjuk Perhutani dan PT Patra IDN Times/Istimewa

Dalam pelaksanaannya, BUMN telah menetapkan PT Patra Jasa, anak perusahaan PT Pertamina di bidang hospitality. "Nanti tinggal koordinasi dengan para pelaku wisata di sini," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, direktur Utama Perhutani Denaldy Mulino Mauna dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga tampak hadir.

“Pemerintah pusat, Pak Jokowi, punya concern kuat di bidang pariwisata. Alhamdulillah, setelah pembicaraan dengan teman-teman BUMN, Ibu Menteri BUMN punya komitmen kuat membantu Banyuwangi, termasuk soal pengembangan Pantai Pulau Merah," ungkap Anas.

Dia berharap penguatan kemitraan dengan warga mampu menambah kesejahteraan masyarakat di sekitar destinasi wisata.

"Ini sesuai dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat yang dikembangkan di Banyuwangi," katanya.

Baca Juga: Wawancara Menteri Rini Soemarno: Millennials Perlu Peduli Bencana

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya