Pendaki Kawah Ijen Bakal Dilindungi Jaminan Asuransi Jiwa

Asuransi untuk antisipasi adanya bencana saat pendakian

Banyuwangi, IDN Times - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jawa Timur bakal menerapkan asuransi jiwa untuk pendaki di destinasi Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Rencana tersebut disampaikan melalui surat edaran nomor SE.1397/K2/BIDTEK.1/KSA/11/2019, tentang Pembukaan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

Surat edaran tersebut berisi pengumuman dibukanya kembali TWA Kawah Ijen pada Kamis (7/11) setelah ditutup akibat kebakaran sejak 20 Oktober lalu.

1. Asuransi penting untuk jaminan pendaki

Pendaki Kawah Ijen Bakal Dilindungi Jaminan Asuransi JiwaIlustrasi asuransi. Livemint.com

Dalam surat edaran tersebut,  juga berisi rencana pemberian jaminan asuransi jiwa.

"Untuk antisipasi terhadap dampak bencana atau kecelakaan di TWA Kawah Ijen, BKSDA akan diterapkan kewajiban asuransi bagi pengunjung yang pemberlakuannya akan diatur lebih lanjut," pesan dalam surat edaran. 

Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi membenarkan beredarnya surat dibukanya kembali TWA Kawah Ijen. Terkait rencana perlindungan asuransi, pihaknya sedang membahas aturan sesuai regulasi.

"Meminta pengunjung juga dibekali asuransi jiwa, kecelakaan, mengingat kejadian kemarin ada puting beliung, kebakaran, belum mencakup asuransi," ujar Nandang saat dihubungi, Rabu (6/11).

2. Pemesanan tiket online belum bisa diberlakukan

Pendaki Kawah Ijen Bakal Dilindungi Jaminan Asuransi JiwaKawasan gunung Ijen. Instagram.com/_febrian

 

Sementara itu, terkait pemberlakuan tiket pendakian ke Kawah Ijen secara online melalui aplikasi Ijen Blue Fire yang tersedia di playstore. Pxihaknya sedang mencari bank yang siap melayani tanpa ada tambahan biaya administrasi diluar ketentuan besaran harga tiket. Sebelumnya, pemesanan tiket secara online sudah digagas sejak Desember 2018.

"Aplikasi Ijen Blue Fire, kita inginnya secara online, karena ada kendala di internal pemerintah, pemakai dikenakan biaya administrasi oleh penyedia jasa keuangannya, ini yang oleh teman teman keuangan belum boleh diberlakukan. Kami masih mencari bank, yang bisa agar tidak dikenakan biaya administrasi, karena pemerintah tidak mau memberikan beban lebih kepada pengunjung," terangnya.

Baca Juga: Tanggap Darurat Berakhir, BPBD Pastikan Tidak Ada Titik Api di Ijen

3. Pemesanan tiket masih manual

Pendaki Kawah Ijen Bakal Dilindungi Jaminan Asuransi JiwaCemara Gunung Ijen. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Sejauh ini pembelian tiket masih diberlakukan secara manual dengan langsung datang ke lokasi pos pendakian Paltuding Kawah Ijen.

"Harapannya tahun depan (pemesanan tiket via online) sudah bisa jalan," jelasnya.

Baca Juga: Kawah Ijen Kembali Dibuka, Pendakian Dimulai Besok

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya