Indah Amperawati, Wabup Lumajang yang Teruskan Estafet Kakaknya

Kepedulian Indah diuji saat Erupsi Semeru

Lumajang, IDN Times - Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar merupakan sosok pejabat perempuan yang belakangan sering menghiasi sejumlah media massa. Ia kerap memberikan pernyataan ke publik pasca bencana Erupsi Semeru 4 Desember lalu.

Indah tampak melengkapi posisi Thoriq saat penanganan erupsi Gunung Semeru. Salah satu yang sempat menjadi perhatian adalah saat ia memohon kepada BNPB untuk mendatangkan helikopter setelah mendengar tangisan pengungsi. Lantas siapakah sosok Indah? Berikut profil singkatnya.

1. Habiskan pendidikan dasar di Lumajang, ia lulus sebagai sarjana pertanian pada tahun 1990

Indah Amperawati, Wabup Lumajang yang Teruskan Estafet KakaknyaWakil Bupati Lumajang Indah Amperawati. IDN Times/Pemkab Lumajang

Dari data KPUD, Indah, sapaan akrabnya, lahir di Lumajang 6 Mei 1966. Ia maju dalam Pilkada sebagai calon wakil bupati, mendampingi Thoriqul Haq pada 2018, dengan partai pengusung Gerindra dan PKB.

Politisi partai Gerindra ini menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Klojen tahun 1972, kemudian SMP Negeri 1 Lumajang tahun 1979 dan SMA Negeri 1 Lumajang tahun 1982. Indah melanjutkan kuliah di Universitas Jember jurusan Pertanian pada 1985, lulus tahun 1990. Sembilan tahun kemudian, Indah melanjutkan studi S2 Administrasi Publik, Universitas Merdeka Malang tahun 1999 hingga 2001.

2. Adik mantan bupati Lumajang

Indah Amperawati, Wabup Lumajang yang Teruskan Estafet KakaknyaWakil Bupati Lumajang Indah Amperawati. IDN Times/Pemkab Lumajang

Karir Indah tercatat sebagai PNS di birokrasi Lumajang sejak 1992. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pengelola Keuangan, Kabupaten Lumajang dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah pada tahun 2008. Sebelum pensiun dari PNS, dan maju sebagai calon wakil bupati, Indah menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Lumajang tahun 2016-2017. 

Bagi masyarakat, nama Indah sudah tidak asing. Ia juga dikenal sebagai adik kandung Bupati Lumajang, Sjharazad Masdar yang menjabat periode 2008-2015.

3. Sempat jadi perhatian setelah meminta helikopter BNPB untuk bantu pengungsi

Indah Amperawati, Wabup Lumajang yang Teruskan Estafet KakaknyaWakil Bupati Lumajang Indah Amperawati. IDN Times/Pemkab Lumajang

Pengalamannya sebagai Kepala Dinas Kehutanan membuat ia mampu memetakan kondisi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang pada 4 Desember. Malam hari pasca erupsi, Indah memohon kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayor Jenderal TNI Suharyanto agar segera menurunkan pantauan helikopter di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru.

Permohonan tersebut disampaikan Indah setelah mendengar warganya yang terus menangis menunggu keluarganya yang belum dievakuasi.

"Saya mohon, ada helikopter untuk memantau dari atas. Karena masih ada 8-10 orang yang terjebak, barangkali ada heli yang bisa memantau. Karena ini keluarga terus menangis," kata Indah saat konferensi pers yang digelar BNPB secara virtual, Sabtu malam (4/12/2021).

Baca Juga: Erupsi Semeru Berdampak Besar, Bupati Lumajang: Kami Butuh EWS

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya