Gempa, BPBD Lumajang Benarkan Video Seorang Tertimpa Batu 

BPBD Lumajang catat ada 5 orang meninggal akibat gempa

Lumajang, IDN Times - Beredar video seorang pengendara tertimpa reruntuhan batu besar bersama kendaraan sepeda motor di Kabupaten Lumajang, setelah peristiwa gempa berkekuatan magnitudo 6,1 pukul 14.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang membenarkan video seorang warga tertimpa batu terjadi di daerahnya.

"Iya benar video itu. Lain-lain masih proses pendataan," ujar Kabid Penanggulangan Bencana dan Logistik, BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo saat dihubungi IDN Times, Sabtu (10/4/2021). Dalam video tersebut korban nyaris tak terlihat karena batu yang menimpa lebih besar dari tubuhnya.

1. Terjadi di jalan Lumajang-Malang

Gempa, BPBD Lumajang Benarkan Video Seorang Tertimpa Batu Ilustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Dari hasil laporan sementara Pusdalops BPBD Lumajang, longsoran material batu yang runtuh di jalan raya dan menimbulkan korban terjadi di Jl. Raya Lumajang - Malang tepatnya di KM 56+800 Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro. "Menimpa salah satu pengendara, untuk saat ini masih dilakukan pendataan," terangnya dalam laporan tertulis. Namun, Wawan belum bisa memastikan kondisi terakhir korban. Sementara, berdasarkan BPBD Jatim, korban dinyatakan meninggal dunia.

BPBD saat ini terus melakukan proses pendataan dampak gempa yang berpusat di laut pada jarak 96 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km itu.

Baca Juga: Gempa di Malang Dirasakan Kuat di Daerah-daerah Ini

2. BPBD catat ada 5 orang meninggal dunia akibat gempa

Gempa, BPBD Lumajang Benarkan Video Seorang Tertimpa Batu Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain satu pengendara yang tertimpa batu, BPBD Lumajang juga mendapat laporan bahwa terdapat sejumlah rumah yang rusak ringan, sedang hingga berat. Untuk korban jiwa sendiri, terdata 5 orang meninggal akibat dampak gempa tertimpa reruntuhan bangunan.

Data korban antara lain:

Ahmad Fadholi, alamat Desa Tempurrejo RT 002 RW 002 Kecamatan Tempursari
Kondisi : Meninggal dunia dan berada di ruang jenazah RSUD Pasirian

Sri Yani, 46 tahun, alamat Desa Tempurrejo RT 002 RW 002 Kecamatan Tempursari.
Kondisi : Suspek fraktur femur (D), suspek fraktur mandibula, suspek fraktur digiti. Pasien dirujuk ke RSUD haryoto

Sdr. Saden, 98 tahun, alamat Dsn.Tawon Songo RT 01 RW12 Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe.

Juwanto, RT 04 RW 09 Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari.
Kondisi meninggal tertimpa reruntuhan bangunan.

H. Nasar, RT 01 RW 03 Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari.
Kondisi meninggal tertimpa reruntuhan bangunan.

3. Gempa di Malang selatan terasa di hampir seluruh wilayah Jatim

Gempa, BPBD Lumajang Benarkan Video Seorang Tertimpa Batu Ilustrasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,7 memicu guncangan sedang hingga kuat beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim) pada hari ini, Sabtu (10/4). Beberapa BPBD melaporkan situasi masyarakat yang merasakan guncangan gempa di wilayahnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di beberapa wilayah administrasi, antara lain Kabupaten Malang, Blitar, Lumajang dan Kota Malang melaporkan intensitas guncangan gempa yang terjadi pada pukul 14.00 WIB. Terkait dengan parameter gempa, BMKG memutakhirkan parameter gempa M6,1. Pusat gempa berada di laut dengan jarak 96 km arah selatan Kotan Kepanjen, Kabupaten Malang, Provinsi Jatim, dengan kedalaman 80 km.

Baca Juga: Gempa di Malang Dirasakan Kuat di Daerah-daerah Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya