Ajak Gemar Makan Ikan, Menteri Susi Bagikan 3 Ton Ikan di Banyuwangi

Tahun 2019, perintah targetkan konsumsi ikan capai 50 kg perkapita

Banyuwangi, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti membagikan 3 ton ikan untuk 8 ribu santri di Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (3/11).

Baca Juga: Ketika Menteri Susi “Mabok” Durian dan Jajal Kopi Banyuwangi

1. Makan ikan bersama ribuan santri

Ajak Gemar Makan Ikan, Menteri Susi Bagikan 3 Ton Ikan di BanyuwangiIDN Times/Humas Pemkab Banyuwangi

Susi datang sendiri ke Pondok Darussalam untuk makan ikan bersama ribuan para santri. Kedatangannya untuk mengajak langsung masyarakat, terutama pelajar untuk gemar makan ikan agar bisa meningkatkan kecerdasannya.

"Kandungan gizi pada ikan jadi suplemen penting untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak yang masih menempuh pendidikan, seperti para santri-santri di pesantren," ujar Susi.

2. Awal bulan ini, sudah membagikan 10 ton ikan untuk santri

Ajak Gemar Makan Ikan, Menteri Susi Bagikan 3 Ton Ikan di BanyuwangiIDN Times/Pemkab Banyuwangi

Pada bulan ini, Susi telah melakukan roadshow ke sejumlah tempat pondok pesantren di Jawa Timur untuk mengajak gemar makan ikan. Awal bulan ini saja, Susi sudah membagikan 10 ton ikan, 3 ribu diantaranya untuk Banyuwangi.

"Kemarin di Probolinggo, lalu Situbondo, ke pesantren-pesantren, sudah dimulai sejak tahun setengah lalu di Gontor, Tebuireng dan lain-lain. Intinya untuk mengkampanyekan gemar makan ikan," ujarnya.

3. Targetkan 50 kilogram konsumsi ikan per orang per tahun

Ajak Gemar Makan Ikan, Menteri Susi Bagikan 3 Ton Ikan di BanyuwangiIDN Times/Pemkab Banyuwangi

Hingga saat ini, katanya, tingkat konsumsi ikan di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur tergolong rendah, jauh di bawah rata-rata target nasional.

"Dari statistik, konsumsi ikan di Jawa Tengah dan Jawa Timur masih sangat rendah. Bahkan di wilayah sekitar Jogja, konsumsi ikannya masih 9-15 kilo, padahal terget nasional 46 kilo," jelasnya.

Sebelum era Presiden Joko Widodo, konsumsi ikan orang Indonesia hanya 30 per kilogram per tahun, sekarang sudah 46 kilogram. "Ditargetkan 2019 nanti akan mencapai 50 Kg per tahun," tambahnya.

Bersama para santri, Susi makan ikan bersama sambil mengajak agar mengkonsumsi ikan setiap hari. Dia juga mengajak para santri untuk turut menjaga dan mencintai lautan Indonesia. "Luas lautan di Indonesia ini 71 persen dari seluruh luas negara ini. Jadi, sudah sepatutnya kita turut menjaga dan melestarikan laut kita. Agar hasil dari laut pun melimpah," ujarnya.

Baca Juga: Sambil Kampanye Gemar Makan Ikan, Menteri Susi ketagihan durian Banyuwangi

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya