Walkot Eri Cegah Inflasi hingga Tanam Pangan Hadapi El Nino

Siapkan tim cegah inflasi

Surabaya, IDN Times - Mengantisipasi dampak fenomena iklim El Nino, Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan berbagai langkah. Salah satunya adalah mencegah inflasi hingga menanam bahan pangan. 

1. Pemerintah menyiapkan tim inflasi

Walkot Eri Cegah Inflasi hingga Tanam Pangan Hadapi El NinoIlustrasi Inflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan tim inflasi yang bertugas untuk mengontrol inflasi di Kota Pahlawan. Tim inflasi rutin terjun ke pasar setiap minggu untuk memastikan harga bahan pangan aman. 

"Kita ini udah ada tim inflasi. Inflasi ini salah satu tugasnya adalah melihat harga pasar tiap minggu," ujarnya, Minggu (30/7/2023). 

Baca Juga: Hadapi El Nino, Jatim Waspadai Ketahanan Pangan

2. Bekerjasama dengan daerah penghasil pangan untuk tekan harga

Walkot Eri Cegah Inflasi hingga Tanam Pangan Hadapi El NinoBulir padi (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Untuk mencegah adanya kenaikan harga barang, Pemerintah Kota Surabaya telah melakukan kerjasama dengan daerah-daerah penghasil pangan. Seperti penghasil seperti telur dengan Kabupaten Blitar, bawang putih dan merah dengan Kabupaten Nganjuk dan lain sebaginya. 

"Surabaya ini bukan penghasil, tapi pemakai (konsumen). Jadi kami kerja sama dengan daerah lain," ungkap dia. 

Bila harga bahan pangan di Kota Surabaya naik karena harga pupuk yang mahal , Pemerintah Kota Surabaya tak bisa mengintervensi. Namun, jika harga BBM untuk transportasi bahan pangan dari daerah penghasil naik, maka Pemkot Surabaya pun akan memberi subsidi. 

"Tapi kalau pupuk naik dan menyebabkan harga tinggi, kami akan tetap mempertahankan harga kulaknya," tuturnya. 

3. Pemkot tanam 9 tanaman pengganti padi

Walkot Eri Cegah Inflasi hingga Tanam Pangan Hadapi El Ninoblog mekar.id

Selain itu, untuk mengantisipasi El Nino, Pemerintah Kota Surabaya juga telah menanam bahan pangan di Kota Pahlawan. Setidaknya ada sembilan tanaman pengganti padi yang ditanam di Surabaya. 

"Kami menanam jagung, sagu di lahan punya Pemkot. Tapi kami juga berkoordinasi dengan daerah-daerah lain, karena memang wilayah pertaniannya lebih besar," pungkasnya. 

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Masyarakat Soal Bahaya El Nino

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya