TPS Pasar Turi Mulai Diratakan dengan Tanah

Bekas bangunan TPS Pasar Turi akan menjadi jalan

Surabaya, IDN Times - Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi Surabaya mulai diratakan dengan tanah, Selasa (22/3/2022). Sejumlah alat berat berupa backhoe yang sebelumnya telah disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun dikerahkan.

Bukan hanya alat berat yang dikerahkan, petugas Satpol PP Surabaya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Surabaya dan TNI/Polri juga disiagakan untuk melakukan pengamanan selama proses pembongkaran TPS Pasar Turi. Pembongkaran juga melibatkan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) serta Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya juga membantu melakukan pembongkaran. 

1. Ada sebanyak 1.200 petugas membantu pembongkaran

TPS Pasar Turi Mulai Diratakan dengan TanahSuasana Tempat Penampungan Sementara pedagang Pasar Turi, Selasa (15/3/2022). (DN Times/Khusnul Hasana)

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan bahwa selama proses pembongkaran, jumlah personil yang disiagakan oleh Pemkot Surabaya  hari ini, ada 1.200 orang petugas. Eddy memastikan, dalam waktu sehari semua blok A, B dan C TPS Pasar Turi rata dengan tanah.

"Kami lakukan bertahap, pagi kita bongkar bagian blok A dan B, kemudian pukul 21.00 WIB kita bongkar yang blok C. Karena kan blok C itu mepet dengan jalan, agar tidak menimbulkan kemacetan, maka kita bongkar malam hari," ujar Eddy, Selasa (22/3/2022).

2. Pemkot antisipasi adanya penjarahan

TPS Pasar Turi Mulai Diratakan dengan TanahPedagang TPS Pasar Turi mulai mengemasi barangnya untuk pindah ke Pasar Turi Baru, Senin (22/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Eddy menyampaikan, pengamanan bukan hanya dilakukan ketika pembongkaran saja, akan tetapi juga dilakukan pada malam sebelum pembongkaran, Senin (21/3/2022). Pengamanan itu, lanjut dia, untuk mencegah adanya oknum tidak bertanggungjawab yang ingin menjarah sisa-sisa bangunan TPS Pasar Turi.

 "Setelah 1.424 stan TPS Pasar Turi dikosongkan, kami masih berjaga, mengantisipasi adanya penjarahan. Jadi, kemarin malam kita lakukan pengamanan selama 24 jam," Kata Eddy. 

Setelah semuanya dibongkar, barang-barang bekas bangunan TPS Pasar Turi ini akan diboyong ke gudang Tanjungsari dan gudang di Kecamatan Sememi, Benowo. Karena bangunan TPS Pasar Turi adalah milik negara, selanjutkan akan dilakukan proses penghapusan yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan  Aset Daerah. 

Baca Juga: 14 Tahun Vakum, Pedagang 'Mbungah' Pasar Turi Dibuka Lagi

3. Setelah rata, TPS akan diubah menjadi jalan

TPS Pasar Turi Mulai Diratakan dengan TanahPedagang TPS Pasar Turi mulai mengemasi barangnya untuk pindah ke Pasar Turi Baru, Senin (22/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Setelah dilakukan pembongkaran, rencananya ex-lokasi bangunan TPS Pasar Turi akan digunakan untuk akses jalan. Karena selama ini Jalan Pasar Turi bisa dibilang sempit dan tampak padat, oleh karena itu Pemkot Surabaya segera membereskan puing-puing bangunan Pasar Turi 

"Targetnya 10 hari, semoga bisa segera tuntas dan bisa dilalui oleh kendaraan. Karena nantinya jalan ini untuk mempermudah akses menuju ke Pasar Turi Baru," pungkasnya.

Baca Juga: Ribuan Personel dan 2 Alat Berat Siap Bongkar TPS Pasar Turi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya