Ribuan Personel dan 2 Alat Berat Siap Bongkar TPS Pasar Turi

Pedagang diminta mulai menempati Pasar Turi Baru

Surabaya, IDN Times - Pedagang Pasar Turi yang berada di Tempat Penampungan Sementara (TPS) terlihat mulai mengemasi barang-barangnya, Senin (21/3/2022). Hal ini mengingat Pasar Turi Baru akan kembali dibuka besok, Selasa (22/3/2022).

1. Ribuan personel membantu pedagang

Ribuan Personel dan 2 Alat Berat Siap Bongkar TPS Pasar TuriPedagang TPS Pasar Turi mulai mengemasi barangnya untuk pindah ke Pasar Turi Baru, Senin (22/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Dari pantauan IDN Times, ribuan personel dari Pemerintah Kota Surabaya seperti Satuan Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terlihat membantu pedagang. Mereka terlihat membawa karung-karung berisi barang dagangan pedagang untuk dimasukkan ke dalam truk dan dipindahkan ke Pasar Turi Baru.

Pemkot juga telah menyiapkan 2 alat berat untuk membongkar TPS. Nantinya setelah proses pengosongan barang-barang pedagang ini selesai, alat berat itu akan difungsikan untuk meratakan TPS.

Salah satu pedagang TPS yakni Mat Suip (51) mengatakan bahwa dirinya senang dengan pembongkaran tersebut. Hal ini dianggap sudah sesuai dengan tuntutan pedagang. 

"Namun kemarin ada kendala sedikit, mintanya pedagang habis hari Raya tapi sama Pemkot tidak dihiraukan," ujar Mat.

Kata Mat, sebagaian pedagang yang tidak siap menempati stan di Pasar Turi lama, barang-barangnya akan dibawa pulang, sementara yang ingin menempati, barangnya akan dipindah ke Pasar Turi Baru. 

"Kalau kunci saya sudah, stan saya di lantai 1 dan 4," tutur pria yang berdagang perlengkapan ABRI ini. 

Mat berharap kedepan dengan pembukaan Pasar Turi ini, biaya yang dibebankan kepada dirinya tidak terlalu berat. 

Baca Juga: 15 Tahun Jadi 'Pasar Turu', Begini Fakta Pasar Turi Pasca Terbakar

2. Sebelum pembongkaran, pedagang diberi sosialisasi

Ribuan Personel dan 2 Alat Berat Siap Bongkar TPS Pasar TuriPasar Turi Baru Surabaya. dok. Pemkot Surabaya

Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya M Awaludin Ariefdi mengatakan bahwa sebelum dilakukan pembongkaran itu, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada pedagang. Sosialisasi dilakukan bersama petugas dari Satpol PP dan BPBD.

"Kami bersurat kepada pedagang, kami melakukan sosialisasi kepada pedagang," ujar Awaludin.

3. Sosialisasi juga melalui surat edaran

Ribuan Personel dan 2 Alat Berat Siap Bongkar TPS Pasar TuriPasa Turi Baru Surabaya. (dok. Pemkot Surabaya)

Sosialisasi tersebut juga dilakukan dengan menempelkan surat woro-woro di sejumlah tempat di TPS. Surat bernomor 511.2/4603/436.7.14/2022 yang  ditujukan kepada pedagang ini memuat 3 poin utama, yakni :

1. Seluruh pedagang TPS Pasar Turi Surabaya yang telah memiliki stand di Pasar Turi Baru untuk segera mengambil kunci di PT Gala Bumi Perkasa dan segera memindahkan barangnya ke dalam stand di Pasar Turi Baru.

2. Pemerintah Kota Surabaya akan memfasilitasi armada untuk :
a. Membantu memindahkan barang dari TPS Pasar Turi ke dalam stand di Pasar Turi Baru.
b. Membantu pedagang memindahkan barangnya dari TPS Pasar Turi ke tempat domisili atau lokasi di luar Pasar Turi Baru dalam wilayah Kota Surabaya.

3. TPS Pasar Turi Surabaya menurut rencana akan dilakukan pembongkaran pada tanggal 21 Maret 2022.

Baca Juga: Pedagang Berkemas, TPS Pasar Turi Dibongkar 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya