Pedagang Berkemas, TPS Pasar Turi Dibongkar 

Pedagang mulai dipindah ke Pasar Turi Baru

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya membongkar Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasara Turi hari ini, Senin (21/3/2022). Para pedagang pun mulai mengemasi barang dagangannya untuk masuk ke dalam Pasar Turi Baru.

1. Wali Kota berharap semua pedagang TPS pindah

Pedagang Berkemas, TPS Pasar Turi Dibongkar Pedagang TPS Pasar Turi mulai mengemasi barangnya untuk pindah ke Pasar Turi Baru, Senin (22/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan bahwa Pemerintah Kota membantu para pedagang mengangkuti barangnya dari TPS ke Pasar Turi Baru. Lalu, TPS akan dibongkar.

"Semua pedagang di TPS kami bantu masuk ke tempat baru setelah itu bongkar satu satu, kami mulai bongkar dan pedagang mulai masuk. Saya minta semua pedagang yang terdaftar maka semuanya harus masuk," ujar Eri usai menggelar tasyakuran Pasar Turi Baru, Senin (21/3/2022).

Eri berharap agar semua pedagang di TPS bisa masuk ke Pasar Turi Baru. Sehingga Pasar Turi akan segera bangkit seperi sebelum kebakaran pada 2007 silam.

"Pasar Turi adalah ikon Kota Pahlawan, dulu adalah tempat para pedagang kulakan. Sudah saatnya pedagang dibantu," tuturnya. 

Baca Juga: 15 Tahun Jadi 'Pasar Turu', Begini Fakta Pasar Turi Pasca Terbakar

2. 1.400 personel keamanan dikerahkan

Pedagang Berkemas, TPS Pasar Turi Dibongkar Pedagang TPS Pasar Turi mulai mengemasi barangnya untuk pindah ke Pasar Turi Baru, Senin (22/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan 1.400 personel untuk membantu pembongkaran TPS. Ia menargetkan dalam waktu satu minggu TPS akan rata.

"Hari ini kita selesaikan (pemindahan) dan pembongkaran bangunan, kecuali pilar-pilar karena membutuhkan waktu. Target kita satu minggu," ujarnya.

3. Berbagai kendala mulai diselesaikan

Pedagang Berkemas, TPS Pasar Turi Dibongkar Pasa Turi Baru Surabaya. (dok. Pemkot Surabaya)

Eddy menuturkan, ada beberapa kendala yang dihadapinya saat melakukan pembongkaran, salah satunya banyak pedagang yang belum mendapatkan kunci. Namun, hal tersebut sudah mulai dikomunikasikan dengan pihak PT Gala Bumiperkasa sejak kemarin, Minggu (20/3/2022).

"Pedagang yang mau mendapatkan kunci bisa ke lantai 5 dengan persyaratan-persyaratan Jangan sampai tidak punya bukti tapi minta kunci itu salah," ungkap Eddy.

Hingga saat ini, Kata Eddy 10 koordinator kelompok pedagang sudah sepakat untuk melakukan pemindahan barang. Nantinya setelah TPS dibongkar, TPS akan menjadi jalan raya. "Nanti akan menjadi jalan tembus menuju Tugu Pahlawan," tandasnya. 

Baca Juga: Akan Dibuka, Pedagang Keluhkan Infrastruktur Pasar Turi Baru

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya