Sirikit Syah Sempat Sembuh Lawan Kanker Payudara

Sakitmu sudah selesai bu

Surabaya, IDN Times - Dosen sekaligus akademisi ilmu jurnalisrik, Hernani Sirikit atau Sirikit Syah telah berpulang pada pada 06.30 WIB, Selasa (26/4/2022) di Rumah Sakit Haji, Surabaya. Sebelum meninggal, Sirikit sempat menang melawan kanker payudara.

1. Sirikit sembuh melawan kanker payudara

Sirikit Syah Sempat Sembuh Lawan Kanker PayudaraHernani Sirikit (kiri) bersama Pemred IDN Times, Uni Lubis (kanan). (Dokumentasi IDN Times)

Anak kedua Sirikit, Bintang Putra mengatakan, ibunya itu sudah lama menderita kanker payudara, tepatnya sejak tahun 2013. Sebenarnya, tokoh pers di Surabaya ini mampu berjuang dan berhasil sembuh.

"Sudah lama sakitnya pertama kali 2013 kena kanker payudara di kemoterapi selesai dinyatakan sembuh (sembuh tahun 2020)," ujarnya.

2. Sirikit kemudian menderita kanker liver

Sirikit Syah Sempat Sembuh Lawan Kanker PayudaraHernani Sirikit. dok. facebook.com/sirikit syah

Sayangnya, ketika kanker payudara sudah sembuh, Sirikit justru menderita penyakit baru. Bibit kanker tumbuh di livernya. Sirikit telah ditawari untuk kemoterapi, namun ia tidak siap karena merasa lelah jika harus dikemoterapi. Kanker itu pun menyebar.

"Seminggu yang lalu kondisi lemes. Di Rumah Sakit dikasih infus, kankernya sudah stadium 4. Menunggu pulih untuk dikemo, tapi nyatanya tidak sempat," ungkap Putra.

Kesadaran Sirikit pun berkurang. Ia tidak mencerna makanan di lambungnya. "Gak sampe di rawat di ICU. Hari minggu lalu. Di rawat seminggu dua hari," tutur Bintang.

Baca Juga: IWD 2020: Hernani Sirikit Bicara Soal Tantangan Terberat Perempuan

3. Sirikit Syah tutup usia tadi pagi

Sirikit Syah Sempat Sembuh Lawan Kanker PayudaraHernani Sirikit (kanan). dok. facebook.com/sirikit syah

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabar duka meninggalkan Sirikit ini tersebar melalui media sosial Facebook dan sejumlah grup WhatsApp jurnalis di Surabaya. 

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke rahmatullah rekan kita Ny. Hernani Sirikit atau Sirikit Syah, Wartawati Senior (Surabaya Post/STIKOSA-AWS), pagi ini, Selasa, 26 April 2022, Dimakamkan hari ini di TPU Sukolilo, Surabaya. Jenazah diberangkatkan pukul.12.00 WIB dari rumah  duka: Jl. Rungkut Asri Timur VII/8, Rungkut, Surabaya. Wassalam," 

Ucapan belasungkawa banyak tertulis di beranda akun Facebook Sirikit Syah. Karena memang, selama ini Sirikit juga cukup aktif menulis di beranda Facebook cerita kesehariannya.

Baca Juga: Profil Sirikit Syah, Tokoh Kebebasan Pers

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya