Reformasi Birokrasi Pemkot Surabaya Dapat A, DPRD: Sangat Prestisius!

Pelayanan publiknya harus makin baik dong!

Surabaya, IDN Times - Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Surabaya mendapat predikat A atau sangat baik dalam Penganugerahan Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi 2022 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Kota Surabaya adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang mendapat predikat tersebut. 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya, Adi Sutarwijono mengapresiasi hal ini. 

"Saya menyampaikan selamat kepada pemerintah kota surabaya atas prestasi mendapat predikat A (Sangat Baik) untuk reformasi birokrasi dan tata administrasi negara dari kementrian PAN RB. Apalagi Surabaya menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan. Ini sangat prestisius," ujarnya, Rabu (7/12/2022). 

1. Tantangan selanjutnya adalah meningkatkan pelayanan publik

Reformasi Birokrasi Pemkot Surabaya Dapat A, DPRD: Sangat Prestisius!Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Tantangan berikutnya adalah bagaimana meningkatkan pelayanan publik. Karena, reformasi birokrasi berujung pada pelayanan publik yang semakin baik, semakin cepat, semakin responsif dan memberikan pelayanan yang semakin terjangkau. 

"Saya juga melihat pemerintah kota melakukan pelayanan publik lewat pemanfaatan teknologi informasi jadi  tidak dengan cara manual lagi. Saya juga melihat mall pelayanan publik semakin rapi. Tidak ada antrian yang menjemukan," paparnya.

Harapannya, dengan predikat A (Sangat Baik) untuk reformasi birokrasi ini berujung pada pelayanan publik yang semakin baik. Sehingga, semakin memperlancar segala urusan di Surabaya. 

"Ini bermuara pada tingkat kepuasan masyrakat semakin tinggi. Pelayanan ditingkat kelurahan kecamatan dinas dan OPD ditambah puskesmas,” katanya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Raih Peringkat A Reformasi Birokrasi, Cuma Satu di RI

2. Wali Kota juga kerap lakukan sidak

Reformasi Birokrasi Pemkot Surabaya Dapat A, DPRD: Sangat Prestisius!Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Bukan hanya soal pelayanan, Wali Kota Eri kerap turun ke lapangan untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor-kantor instansi pemerintahan dan kantor pelayanan publik. Ditambah juga peran wakil walikota Surabaya yang juga rajin melakukan sidak terhadap objek-objek pembangunan dan pelayanan publik.

"Kemudian penataan internal di birokrasi juga jalan demikian juga penataan pejabat juga berlangsung dengan baik. Sehingga, apa yang sudah diperbuat oleh Wali Kota Eri Cahyadi berbuah pada penghargaan predikat A (Sangat Baik)  reformasi birokrasi terhadap kota Surabaya," urainya.

3. Berbagai langkah efisien dan efektif Pemkot Surabaya sangat terasa

Reformasi Birokrasi Pemkot Surabaya Dapat A, DPRD: Sangat Prestisius!Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat menggelar upacara HUT KORPRI bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Langkah efisien dan efektif yang ditempuh oleh Pemkot Surabaya sangat terasa. Contohnya perampingan organisasi melalui perda SOTK. Kemudian penataan tupoksi dalam Raperda SOTK itu.

"Sehingga pelayanan semakin ramping semakin lincah kemudian semakin terukur. dan hasilnya bisa dinikmati masyarakat Surabaya,” pungkasnya.

Baca Juga: Surabaya Kebanjiran Wisatawan, Pemkot Berencana Buka Wisata Lagi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya