PTM 100 Persen di Surabaya Tunggu PPKM Level 1

Kalau sudah PPKM Level 1 akan segera PTM 100 Persen

Surabaya, IDN Times - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Surabaya kini sudah 50 persen dari yang sebelumnya hanya 25 persen. Surabaya pun akan segera menerapkan PTM 100 Persen jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah berada di Level 1.

1. Jika Surabaya PPKM Level 1, maka PTM 100 persen

PTM 100 Persen di Surabaya Tunggu PPKM Level 1Ilustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh menjelaskan bahwa Surabaya saat ini masih PPKM Level 2, sehingga, pihaknya masih menerapkan PTM 50 persen. Jika nantinya PPKM Surabaya sudah Level 1, maka akan segera dilaksanakan PTM 100 persen.

"Sambil terus kita lakukan evaluasi. Mudah-mudahan level PPKM di Surabaya terus turun ke Level 1 dan bisa menuju ke 100 persen PTM," kata Yusuf saat menggelar konferensi pers di Kantor Pemkot Surabaya, Rabu (16/3/2022).

Yusuf menyebut, apabila nanti PTM diterapkan 100 persen, maka tentu pola yang dijalankan tetap menyesuaikan dengan kondisi sekolah. Sebab, setiap sekolah memiliki ruangan kelas dengan kapasitas yang berbeda.

Baca Juga: Kota Malang Kembali Gelar PTM 100 Persen

2. PTM 100 persen dengan pola sift

PTM 100 Persen di Surabaya Tunggu PPKM Level 1Kota Surabaya mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) sejak Senin (6/9/2021). (Dok. Pemkot Surabaya)

Menurut Yusuf, pola penerapan PTM tersebut mengacu pada pola Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri dan PPKM Level 1. Jika nantinya Surabaya sudah Level 1 dan PTM sudah dimungkinkan 100 persen, maka pihaknya akan menggunakan sistem shift.

Namun demikian, ketika nanti penerapan dengan pola shift itu tidak berdampak negatif, maka dimungkinkan PTM selanjutnya bisa dilaksanakan murni 100 persen. Di sisi lain, dia juga memastikan tetap melakukan evaluasi penerapan PTM 100 persen dengan pola shift tersebut.

"Kalau sudah PPKM Level 1, PTM kita terapkan 100 persen pakai shift. Kita uji coba dulu itu dengan menyesuaikan kondisi ruang kelas. Nah, kalau itu memungkinkan, maka dilakukan PTM 100 persen murni tanpa shift," ujar dia.

3. Siswa dan guru diharapkan mematuhi protokol kesehatan

PTM 100 Persen di Surabaya Tunggu PPKM Level 1Situasi PTM 100 persen hari pertama di Kota Surabaya, Senin (10/1/2022). (dok. Humas Pemkot Surabaya)

Meski begitu, pihaknya berharap kepada seluruh siswa maupun tenaga pendidik dapat terus beradaptasi menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Termasuk pula menjaga kebiasaan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Karena kita harus bisa menjamin sekolah itu tetap aman untuk anak-anak. Makanya sekolah juga tetap menyiapkan pembelajaran melalui hybrid, 50 PTM dan 50 persen daring," jelas dia.

Di samping itu, Yusuf juga mengingatkan kepada pihak penyelenggara sekolah agar tetap memastikan Satgas Covid-19 mandiri maupun protokol kesehatan berjalan. "Kita akan terus evaluasi, karena ini kan untuk menumbuhkan kepercayaan orang tua terhadap bagaimana menitipkan anaknya di sekolah," pungkas dia

Baca Juga: Surabaya Siapkan PTM 100 Persen

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya