Pelaku Pelecehan Seksual pada Ketua BEM FBS UNESA Segera Disanksi

Belum bisa disebut sanksinya apa

Surabaya, IDN Times - Pelaku pelecehan seksual yang dilakukan kepada ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) segera mendapat sanksi. Pihak UNESA telah menggelar sidang etik, terkait kasus tersebut pada Minggu, (20/8/2023) lalu.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS), Iman Pasu mengatakan, sidang etik itu membahas sanksi bagi pelaku. Pelaku sendiri merupakan mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2020 berinisial A. 

"Hasilnya baik, berjalan baik, dengan komisi etik dan Satgas PPKS," ujar Iman, Jumat (17/11/2023). 

Pada sidang etik tersebut, komisi etik telah menyetujui pemberian sanksi kepada A. Sanksi yang diberikan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) PPPKS.

"Kami hanya mengacu pada Permendikbudristek PPKS, putusanya itu harus adil dan proporsional. Pelaku dan korban mahasiswa Unesa juga, tentu kami harus menimbang kasus ini," tuturnya.

Meski demikian, pihaknya masih belum bisa memberi informasi kepada publik terkait sanksi tersebut. Hal ini karena menunggu penetapan dari Rektor UNESA, Prof Nurhasan. 

"Alurnya kita sampaikan ke Pak Rektor, terus dibentuk komisi etik, lalu sidang dengan Satgas PPKS. Kemudian nanti (sanksi) ditetapkan Pk Rektor melalui SK (surat keputusan)," terang dia. .

SK dari rektor tersebut diperkirakan bakal keluar, dalam satu Minggu. Dia pun meminta semua pihak bersabar hingga sanksi untuk pelaku pelecehan itu disahkan.  

"Manti kalau SK Pak Rektor sudah turun, nanti secara terpisah kita akan menyerahkan SK atau memberikan sanksi itu beserta dengan orangtua masing-masing, dengan kondisi terpisah," pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, ketua BEM FBS UNESA berinisial DB mendapat pelecehan seksual dari salah satu mahasiswa Teknik Informatika berinisial A saat PKKM pada Agustus 2023 lalu. DB bahkan sampai mengalami trauma hingga dia masuk rumah sakit. 

Baca Juga: Ketua BEM FBS Unesa Diduga Dapat Pelecehan, Trauma hingga Masuk RS

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya