Pedagang Pasar Turi Baru Dapat Perpanjangan Sewa, Gratis 15 Tahun

Pedagang harus buka serentak 31 Mei 2023

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memberi perpanjangan gratis 15 tahun sewa stan bagi pedagang pasar Turi Baru Surabaya. Pedagang pun diminta untuk membuka serentak pada 31 Mei 2023. 

"Pasar Turi ini harus kembali seperti dulu, maka satu-satunya jalan adalah semua stan yang ada di sini harus dibuka," ujar Eri saat halal BI halal di Pasar Turi Surabaya, Jumat (5/5/2023). 

Pembukaan serentak 31 Mei 2023 berlandas pada kesepakatan hasil rapat koordinasi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan. Kesepakatan tersebut berisi kontrak antara Pemkot Surabaya dengan pengelola Pasar Turi Baru, yakni PT Gala Bumi Perkasa, terhitung mulai tahun 2010 hingga 2035. 

"Tetapi tahun 2010 itu saudara-saudara (pedagang) saya belum dapat berjualan sampai hari ini. Sehingga berjualan itu, saya katakan baru dibuka tanggal 31 Mei 2023," ujarnya. 

Eri mengatakan, jika tanggal 31 Mei 2023 buka serentak, maka setelah tahun 2035, pedagang akan diberikan perpanjangan gratis sewa stan untuk 15 tahun selanjutnya. Perpanjangan gratis itu diberikan Pemkot Surabaya setelah ikatan hukum dengan PT Gala Bumi Perkasa berakhir pada tahun 2035.

"Berarti itu akan dikelola Pemkot Surabaya. Dan ketika dikelola Pemkot, di situ ada pembayaran. Dan di situlah mereka (15 tahun) tidak akan kena biaya lagi, karena (pedagang) belum merasakan dampaknya dari pembangunan ini karena ada selisih, sengketa dan macam-macam, karena itulah pemerintah harus hadir di sana," paparnya.beli

Di tempat yang sama, General Manager (GM) Pasar Turi Baru, Teddy Supriyadi menyampaikan, Pasar Turi Baru terhitung sudah 1 tahun 1 bulan beroperasi sejak diresmikan Wali Kota Eri pada Maret 2022 lalu. Selama 1 tahun lebih beroperasi, sudah banyak perkembangan yang dicapai Pasar Turi Baru.

"Sarana dan prasarana sekarang jauh lebih baik. Kemudian tingkat kebersihan gedung, keamanan sudah menjadi lebih baik, tingkat awareness masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya mulai banyak yang mengenal kalau Pasar Turi sudah buka kembali," kata Teddy.

Bahkan, Teddy menyebut, tingkat kunjungan Pasar Turi Baru sudah mulai mengalami tren kenaikan. Berdasarkan catatannya, trend kunjungan Pasar Turi Baru dalam satu bulan mencapai sekitar 90 - 95 ribu orang.

"Dengan kapasitas Pasar Turi Baru sebesar ini, jumlah ini tentu masih belum sesuai harapan. Tapi InsyaAllah kami punya keyakinan, dengan adanya perkembangan tren positif ini akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke Pasar Turi Baru," ujar dia.

Di samping itu, Teddy juga mengakui masih memiliki Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan terkait persoalan pedagang Pasar Turi Baru. Dimana saat ini jumlah pedagang asli Pasar Turi Baru yang membuka stan baru 900 an atau sekitar 18-20 persen dari total stan yang terjual.

"Sehingga ini yang menjadi PR kita bersama bagaimana supaya Pasar Turi bisa bangkit kembali. Maka kita mesti bersatu padu, bergotong-royong, untuk meningkatkan jumlah pedagang Pasar Turi yang bisa mulai aktif kembali dan membuka tokonya di Pasar Turi Baru," pungkasnya. 

Baca Juga: Dibuka Maret Lalu, Pasar Turi Surabaya Masih Sepi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya