PAN, Demokrat, Gerindra Beri Rekom Khofifah Maju Pilgub 2024

Golkar kabarnya juga menyusul

Surabaya, IDN Times - Setelah Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi memberi rekomendasi Khofifah Indar Parawansa untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim. Selang sepekan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menyampaiakan kalau bakal mengusung Khofifah. Giliran Partai Gerindra yang juga memberikan rekomendasi Ketum PP Muslimat NU itu untuk maju di Pilgub 2024. 

1. Khofifah disebut memiliki kinerja yang baik

PAN, Demokrat, Gerindra Beri Rekom Khofifah Maju Pilgub 2024Ketum PAN, Zulkifli Hasan saat berikan rekom kepada Khofifah Indar Parawansa untuk maju Cagub Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Partai Gerindra diwakili Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo memberikan surat rekomendasi calon Gubernur Jawa Timur, kepada Khofifah pada Minggu (10/12/2023). Khofifah disebut layak maju dua periode. 

"Jatim 1, kita lihat track record, kinerja Bu Khofifah luar biasa, saya rasa tidak ada yang perlu disanggah, beliau sangat berhasil," ujar Hashim. 

Menurutnya Hashim, rekomendasi Khofifah untuk maju Pilgub merupakan aspirasi dari kader-kader Partai Gerindra Jatim. Mereka meminta agar Khofifah kembali diusung. 

"Aspirasi dari Gerindra Jatim, kawan-kawan Gerindra Jatim meminta kepada Prabowo agar Bu Khofifah diusung lagi. Untuk menjadi Gubernur lagi. Itu aspirasi dari Gerindra, akar rumput Gerindra," tutur dia. 

Merekomendasikan Khofifah maju Pilgub juga karena Khofifah mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran. 

"Dia dukung Prabowo, Prabowo dukung dia. (Prabowo merestui) Iya merestui," katanya. 

Baca Juga: Usung Khofifah Jadi Cagub Jatim 2024, PAN Usul Kadernya Jadi Cawagub

2. Cawagub diserahkan kepada Khofifah

PAN, Demokrat, Gerindra Beri Rekom Khofifah Maju Pilgub 2024Khofifah Indar Parawansa saat menerima rekomendasi maju Cagub Jagim 2024 dari Ketum PAN Zulkifli Hasan. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Ditanya nama calon wakil gubernur (cawagub) yang mendampingi Khofifah, Hashim menyerahkan itu kepada Khofifah. Sebab, digadang-gadang Partai Demokrat kembali mencalonkan Emil Dardak sebagai cawagub. 

"(Rekomendasi) cuma gubernur, mewakili dari Partai Demokrat mungkin ada. (Wakilnya) Kita terbuka, nanti tergantung Bu Khofifah," tuturnya. 

3. Khofifah mendukung pasangan calon Prabowo-Gibran

PAN, Demokrat, Gerindra Beri Rekom Khofifah Maju Pilgub 2024Khofifah Indar Parawansa saat di tengah massa Muslimat NU di JX Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bersyukur telah direkomendasikan tiga partai. Hal ini, akan memperkuat dirinya untuk melanjutkan periode kedua. 

"Alhamdulillah hari ini turun rekomendasi, dari partai Gerindra untuk pencalonan gubernur saya pada periode kedua nanti, jadi tentu ini bagian dari penguatan untuk bisa menjadi tiket berangkat, kemarin setelah Partai Amanat Nasional, secara lisan pak SBY juga menyampaikan, InsyaAllah Demokrat akan mendukung, dan sekarang baru saja kita terima adalah Parai Gerindra, InsyaAllah Bismillah mohon dukungan semuanya. Insyaallah saya akan maju pada Pilgub periode kedua nanti," ungkap Khofifah. 

Selain tiga partai tersebut, Khofifah menyebut Partai Golkar juga bakal mendukungnya. Namun, surat rekomendasi itu belum turun. 

"(Partai Golkar) sudah terkonfirmasi tapi suratnya belum sampai, saya sudah dapat informasi, Sudahlah kawan-kawan, ini bagian dari penguatan, jadi Bismillah InsyaAllah saya akan mengikuti Pilgub pada periode kedua," kata dia. 

Ditanya soal pasanngan yang akan mendampinginya, Khofifah belum memberi sinyal. "Pasangan nanti, rekomendasinya belum menunjukkan rekomendasi pasangan," terang dia. 

Dengan direkomendasikannya Khofifah maju sebagai Pilgub dari Partai pengusung Prabowo-Gibran, dapat dipastikan Khofifah juga akan mendukungan pasangan calon nomor urut 2. 

"Kebetulan juga yang sudah mengeluarkan rekomendasi, PAN, secara lisan pak SBY juga sudah. Hari ini Partai Gerindra, jadi afiliasinya kawan-kawan pasti sudah paham (ke Prabowo-Gibran)," terangnya. 

Meski begitu, Khofifah memastikan dukungan pasti kepada pasagan calon Prabowo-Gibran adalah pada Januari 2024 nanti. Hal ini menunggu resmi dirinya purna tugas sebagai Gubernur. 

"Resminya Januari, nanti kawan-kawan bisa melihat trennya, bahwa partai pengusung ini afiliasinya di 02," pungkas Khofifah. 

Baca Juga: SBY Bertemu Kader dan Caleg di Tulungagung, Tegas Dukung Khofifah Emil

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya