Nyabu Sebelum Beraksi, Dua Begal Surabaya Dibekuk Polisi, Satu Didor 

Gak kapok-kapok talah yo yo !

Surabaya, IDN Times - Aksi begal seakan tak ada habisnya di Kota Surabaya. Dua orang begal yang beraksi di jalan Gebang Lor, Kelurahan Gebang Putih kembali dibekuk. Bahkan, satu di antaranya dihadiahi timah panas oleh Polsek Sukolilo Surabaya. Dua begal tersebut adalah MF (26) dan MH (36). Parahnya, kedua pelaku itu nyabu terlebih dahulu sebelum melakukan aksinya. 

Kapolsek Sukolilo, Kompol M Sholeh menjelaskan aksi begal itu dilakukan pelaku pada Selasa (8/8/2023) lalu. Setelah menghisap sabu di kampung halamannya di Dusun Jaga, Desa Socah, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, kedua pelaku ini merencakan aksi begal dan pencurian motor di Surabaya. 

"Kedua tersangka tersebut masing-masing membawa sajam jenis pisau penghabisan pada Pukul 02.00 WIB," ujarnya.

Pelaku langsung menuju kejawan putih Tambak perbatasan Mulyorejo dan Sukolilo berputar-putar mencari sasaran. Namun, aksi pelaku itu pun diketahui  anggota Reskrim Polsek Sukolilo yang sedang melakukan penyamaran. 

"Telah dilakukan pengamatan kedua pelaku beberapa kali berhenti dan masuk di warung Madura dan rumah kost disekitar Gebang Putih dan Gebang Lor, anggota reskrim sempat dua kali kehilangan jejak kedua pelaku," kata dia. 

Setelah kehilangan jejak, polisi kembali menemukan mereka. Keduanya ditemukan berada di depan toko Madura, polisi pun mendekati mereka. Namun,  kedua pelaku itu melakukan perlawanan. 

"Satu pelaku dilakukan tindakan tegas ditembak di paha sebelah kanan, dan satu pelaku terkena senjata penghabisanya sendiri di betis sebelah kiri dan jari telunjuk sebelah kiri serta kelingking ketika akan digunakan membacok atau menusuk anggota Reskrim Polsek Sukolilo," terangnya. 

Diketahui ternyata keduanya adalah residivis perkara ranmor dan sajam yang pernah ditangkap Polsek Rungkut dan Polrestabes Surabaya. Pengakuan pelaku,  mereka  mencari sasaran acak motor, warung yang buka malam hari, dan pengendara motor yang sendirian.

"Pelaku menggunakan kendaraan roda dua dengan mengincar kendaraan roda dua dan barang bawaan calon korbanya," tutur Sholeh. Dari pelaku ini, polisi kemudian menyita dua pisau penghabisan, 1 buah kunci gembok pagar, kunci sepeda motor dan kunci L. 

Baca Juga: Begal di Surabaya Ini Berusia 15 Tahun, Komplotan Lakarsantri 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya