Mahasiswi Unair Diduga Bunuh Diri, Sering Takut Soal Masa Depan

Korban dikenal sebagai sosok yang baik dengan teman

Surabaya, IDN Times - Teman kecil mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) CA (21) yang ditemukan tewas, Joana mengungkapkan korban sering bercerita tentang kehidupannya. Salah satunya, korban sempat ragu dan merasa tidak cukup pintar untuk menjadi dokter hewan. 

Dihubungi melalui pesan instagram, Joana mengatakan, dia sudah mengenal CA sejak duduk di bangku SD. CA adalah sosok yang baik kepada semua orang. Bahkan, CA melakukan apapun agar orang lain senang. 

"Kalau dijahatin orang juga misal aku gak bantu, dia sadar kalo dia harusnya gak bertemen sama orang-orang kaya gitu dia juga bakal iya-iya aja temenan sama mereka, (CA) selalu mikir orang gak mungkin sejahat itulah istilahnya," ujarnya kepada IDN Times, Senin (6/11/2023). 

Joana mengatakan, dirinya memang sering mengirim pesan singkat kepada CA. Sering kali, pesan itu dibalas dalam waktu yang cukup lama. Bagi Joana itu hal yang biasa, sebab menurutnya sahabatnya itu punya kesibukan. 

"Terus Sabtu malam aku kangen kan sama dia kok masih gak jawab-jawab chatku yang belum dijawab itu. Akhirnya aku chat dia kemarin Sabtu, ternyata semua centang satu di WhatsApp. Aku gak curiga juga orang dia sibuk kadang baterainya lowbat. Mulai curiga baru Minggu pagi jam 6 kok masih centang satu. Aku tanya ke dia, are you oke?,  Ternyata 30 menit habis aku chat itu aku dikabarin dia sudah gak ada," cerita Joana. 

Kepada Joana, CA sering merasa ketakukan  akan masa depan. CA mengaku takut  tidak bisa sukses, takut tidak punya pacar. Namun, cerita-cerita tersebut terkadang lalu begitu saja dan keduanya kembali bercanda. 

"Intinya kaya permasalahan hidup kita itu akhir-akhir ini sebelas dua belas dan kita sama-sama terlihat santai-santai aja ngadepinnya. Ya diadepin aja emang lagi umur-umurnya tapi ternyata sayanya gak papa dianya diam-diam begitu," jelasnya. 

Joana bilang, CA memang sempat ragu dengan kemampuannya sendiri. CA merasa tidak cukup pintar untuk menjadi dokter hewan. "Cuma abis curhat-curhat ke aku ke mamanya dia mutusin untuk ikut koas aja sambil lihat-lihat lagi. Terakhir pun dia sampe bantuin freelance ngurus sosmed salah satu klinik dokter hewan di Kediri," pungkasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang mahasiswi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, berinisial CA (21) ditemukan tak bernyawa di dalam mobil Honda Jazz bernopol AG 1484 BY yang terpakir di halaman apartemen kawasan Waru, Sidoarjo, Minggu (5/11/2023) pagi.

 

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 


Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.


Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.


Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:


RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444


NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Mahasiswi Unair Ditemukan Tak Bernyawa di dalam Mobil

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya